Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memperbaiki Talang Air yang Rusak, Bisa Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 16/08/2023, 07:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbaikan talang air bukan proyek DIY yang menyenangkan, seperti mengecat dinding atau mengganti tuas laci.

Namun, mengabaikan masalah talang air, seperti kebocoran atau kerusakan yang terlihat, hampir selalu menyebabkan masalah lain yang mahal. 

Baca juga: Ini Pentingnya Pelapis Antibocor untuk Talang Air dan Dek Beton

Sistem talang memindahkan air dari atap menjauh dari rumah. Sistem yang tidak berfungsi baik dapat menyebabkan dinding rumah rusak atau air menggenang di dasar dinding rumah.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada rangka atau kebocoran ke dalam rumah, bahkan ruang bawah tanah. 

Maka itu, segera memperbaiki talang air yang bermasalah demi mencegah perbaikan lebih besar dan mahal. Ada banyak masalah kecil pada talang air yang relatif mudah diselesaikan sendiri selama akhir pekan.

Nah, dikutip dari Hunker, Rabu (16/8/2023), berikut sejumlah cara memperbaiki talang air yang rusak.  

Baca juga: 6 Tanda Perlu Membersihkan Talang Air Segera

Kencangkan talang air yang longgar

Ilustrasi talang air.Shutterstock/tokar Ilustrasi talang air.
Ada beberapa alasan talang air dapat lepas pada titik-titik pemasangannya, termasuk kerusakan akibat badai dan beratnya tumpukan es.

Untuk melakukan perbaikan pada bagian kecil, lepaskan paku yang lama. Jika talang air longgar, Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan mencabut paku dan ferrule yang lama.

Daripada menggunakan paku lain untuk menggantinya, pertimbangkan gantungan selokan. Gantungan ini menyelinap di bawah bibir talang air dilengkapi dengan sekrup yang terpasang yang Anda tancapkan ke ekor kasau.

Bagian ini tersembunyi dari tanah, jadi tidak masalah jika tidak cocok dengan gantungan lainnya. 

Baca juga: Cara Merawat Talang Air di Rumah agar Tahan Lama

Pasang gantungan ke dalam talang air, lalu dorong talang ke posisinya. Mungkin ada tanda pada fasia tempat talang air awalnya dipasang.

Jika tidak yakin dengan lokasinya, letakkan sebuah level di tepi atas talang. Talang air harus sedikit miring ke arah downspout.

Kencangkan gantungan talang air dengan bor dan mur (atau ujung obeng tergantung jenis sekrupnya), masukkan sekrup melalui sisi belakang talang, melalui fasia, dan masuk ke kasau di belakang fasia.

Talang air tersedia dalam ukuran lebar 10, 12, dan 15 sentimeter, jadi pastikan mendapatkan gantungan yang sesuai dengan talang air Anda. 

Baca juga: 5 Material Atap Rumah yang Tahan Lama

Menutup talang air yang bocor 

Selanjutnya, cara memperbaiki talang air adalah menutup talang yang bocor. Banyak talang air yang dipasang dalam beberapa bagian. Ketika beberapa bagian disatukan, ada potensi kebocoran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com