Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Rusak, 7 Cara Melindungi Atap Rumah dari Paparan Sinar Matahari

Kompas.com - 07/04/2023, 10:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian dalam rumah mungkin terasa nyaman berkat unit air conditioner (AC), tetapi tidak dengan atap.

Panas terik sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan serius pada atap rumah. Selain itu, atap rumah yang terlalu panas akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mengimbangi panas yang diserap. 

Baca juga: 6 Cara Merawat Atap Rumah agar Tetap Kokoh dan Tahan Lama

Hal ini pada akhirnya dapat membuat penggunaan energi lebih besar dan tagihan listrik meningkat. Karena itu, perlu melakukan perlindungan pada atap rumah dari kerusakan sinar matahari. 

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Jumat (7/4/2023), berikut sejumlah cara melindungi atap rumah dari paparan sinar matahari. 

Tutupi atap

Ilustrasi atap rumah berbahan logam.Shutterstock/eleonimages Ilustrasi atap rumah berbahan logam.
Meski tidak cocok untuk atap miring, pemilik rumah yang memiliki atap datar dapat mencoba menutupi area tersebut dengan kerikil reflektif.

Ini bukan hanya solusi bagus untuk mengurangi dampak buruk sinar matahari pada atap rumah, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti drainase air yang lebih baik.

Kerikil reflektif untuk melindungi atap rumah dapat diaplikasikan dengan gaya DIY tanpa perlu kontraktor.

Disarankan mencari perusahaan atap rumah yang baik guna membantu Anda memilih jenis kerikil terbaik yang dapat menciptakan lapisan untuk melawan panas matahari. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Kucing Liar Naik ke Atap Rumah

Gunakan cat reflektif

Selanjutnya, cara melindungi atap rumah dari paparan sinar matahari adalah menggunakan cat reflektif. Ini adalah metode mudah meminimalkan kerusakan atap rumah akibat sinar matahari. Lapisan cat reflektif dapat ditambahkan tanpa perlu kontraktor.

Harganya cukup murah dan dapat diaplikasikan langsung dengan mengecat atap. Efek pendinginan diperoleh melalui bantuan cat putih atau perak yang mengandung pigmen reflektif.

Tergantung pada lapisan pelindung yang dipilih, Anda mungkin perlu mengganti cat setelah sekitar 10 tahun atau lebih untuk mempertahankan fungsionalitasnya. 

Baca juga: Berapa Lama Atap Rumah Dapat Bertahan? Ini Usianya

Cobalah sistem pendingin kabut atap

Ilustrasi atap rumah putih atau white roof.Shutterstock/Radovan1 Ilustrasi atap rumah putih atau white roof.
Sebagian besar metode pencegahan berfokus pada penggunaan bahan atap baru untuk meningkatkan kemampuan atap rumah dalam menahan kerusakan akibat sinar matahari.

Namun, ada beberapa cara menurunkan suhu atap pada musim panas tanpa pelapis atau bahan tambahan.

Cara tersebut adalah menggunakan sistem pendingin evaporasi yang menggunakan semprotan air.

Jika memiliki atap rumah yang besar atau menginginkan perlindungan terbaik, disarankan memilih sistem pendingin kabut atap yang canggih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com