Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Memperbaiki Stopkontak yang Tidak Berfungsi

Kompas.com - 06/06/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan listrik terus bertambah seiring waktu. Tak heran, peran stopkontak sangat dibutuhkan. 

Setidaknya, setiap rumah memiliki lebih dari tiga stopkontak, baik yang terpasang maupun ekstensi atau kabel. 

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Stopkontak Listrik Pakai Bahan Alami

Stopkontak berfungsi sebagai penghubung antara sumber listrik dan steker (pencolok) yang nantinya akan dialirkan melalui kabel menuju peralatan yang sedang digunakan atau diisi dayanya, dari televisi, ponsel, magicom, hingga kulkas. 

Namun, terkadang pengisi daya ini tidak berfungsi alias mati. Untungnya, ada beberapa solusi memperbaiki stopkontak yang mati tanpa memanggil teknisi listrik profesional. 

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (6/6/2023), berikut cara memperbaiki stopkontak yang tidak berfungsi

Uji stopkontak

Ilustrasi stopkontak.SHUTTERSTOCK/Bowonpat Sakaew Ilustrasi stopkontak.
Dalam kebanyakan kasus, ada kemungkinan besar stopkontak masih berfungsi, tetapi pengisi daya atau perangkat Anda yang mungkin rusak.

Untuk mengatasinya, cobalah mencolokkan sesuatu yang berbeda ke stopkontak. Jika berhasil, mungkin ini saat tepat untuk mengganti pengisi daya atau perangkat yang rusak daripada memanggil tukang listrik. 

Baca juga: Kenapa Banyak Semut di Stopkontak Listrik? Ini Penyebabnya

Periksa pemutus sirkuit

Selanjutnya, cara memperbaiki stopkontak yang tidak berfungsi adalah memeriksa pemutus sirkuit. Panel sirkuit sering kali terletak di ruang bawah tanah atau ruang utilitas dan ini mungkin solusi untuk memperbaiki stopkontak.

Pemutus sirkuit bisa saja trip untuk mencegah bahaya lain jika mendeteksi arus listrik yang tidak diinginkan.

Langkah pertama adalah memeriksa stopkontak lain di rumah. Apabila stopkontak juga tidak berfungsi, periksa pemutus arus.

Ketika terputus, Anda akan melihat bahwa tuasnya dalam posisi "off" pada panel atau berada di tengah. Cabut terlebih dulu semua peralatan yang dimiliki.

Penyebab terputus mungkin karena Anda mencolokkan terlalu banyak perangkat pada waktu bersamaan. Nyalakan kembali tuas sirkuit dan lihat apakah stopkontak berfungsi. 

Baca juga: 4 Posisi Peletakan Stopkontak agar Mudah Dijangkau

Setel ulang stopkontak

Ilustrasi stopkontak.SHUTTERSTOCK/Kateryna Artsybasheva Ilustrasi stopkontak.
Beberapa stopkontak memiliki ground fault circuit interrupter (GFCI), terutama jika ditempatkan di kamar mandi, dapur, ruang cuci, atau di luar ruangan.

Jika demikian, Anda akan menemukan tombol tes atau reset di antara dua colokan. Cukup tekan tombol reset setelah mencabut semua peralatan atau perangkat dari stopkontak.

Sirkuit pendek

Jika Anda menyalakan pemutus arus, tetapi kemudian langsung mati kembali, itu berarti ada korsleting di suatu tempat di sepanjang pengaturan listrik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com