Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu cuaca yang mulai menurun biasanya menjadi tantangan saat menanam tanaman di taman, tak terkecuali tanaman bunga

Pasalnya, cuaca dingin sering kali membuat tanaman mati. Untungnya, ada beberapa tanaman bunga musim panas atau kemarau yang bisa ditanam pada cuaca dingin.   

Baca juga: 6 Bunga Berbentuk Unik yang Dapat Ditanam di Rumah, Apa Saja?

Bunga-bunga ini bisa menambahkan semangat melalui aneka warna yang menarik. Bahkan tanaman bunga ini dapat ditanam dan tumbuh subur di dalam pot atau wadah yang bisa menciptakan pemandangan taman atau pintu depan yang indah. 

Tidak peduli apakah Anda seorang ahli berkebun atau pemula, berikut beberapa bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di dalam pot dilansir dari The Spruce, Jumat (10/11/2023).  

Krisan

Ilustrasi buket bunga krisan potong. PIXABAY/SHIRLEY HIRST Ilustrasi buket bunga krisan potong.
Krisan sangat cocok untuk taman musim dingin Tanaman keras ini membutuhkan waktu sekitar 16 minggu untuk mekar ke dalam warna-warna cerah yang sesuai dengan musim dan sangat mudah dirawat.

Pastikan pot bunga krisan berada di tempat cerah dan terhidrasi baik dengan menyiramnya dua hari sekali atau 2,5 sentimeter air dalam seminggu.

Untuk membuat pot krisan tampak lebih meriah, sebaiknya menatanya dan meletakkannya di teras depan rumah. 

Baca juga: 7 Bunga Berwarna Kuning yang Bikin Rumah Lebih Cerah dan Ceria

Goldenrod

Selanjutnya, bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di dalam pot adalah goldenrod. Warna keemasan kekuningan dari goldenrod menjadikannya pilihan sangat baik untuk taman musim dingin. Ditambah, bunga goldenrod hampir mudah dirawat.

Tanaman keras yang lembut ini mulai mekar selama bagian akhir musim setelah berjemur di bawah sinar matahari penuh serta sangat tahan terhadap penyakit dan kekeringan.

Bunga yang tumbuh vertikal ini dapat menambah volume pada taman Anda dan menakjubkan untuk dipasangkan dengan bunga lain yang relatif lebih rendah ke tanah. 

Baca juga: 6 Bunga Berbentuk Unik yang Dapat Ditanam di Rumah, Apa Saja?

Bunga pansy

Ilustrasi bunga pansy.Shutterstock/Jerry Gantar Ilustrasi bunga pansy.
Bunga pansy adalah bahan pokok taman klasik yang menjadi bunga musim dingin yang sangat baik untuk pot. Tanaman keras ini dapat ditanam saat musim dingin setelah suhu menurun karena tidak tahan dengan baik pada musim panas. 

Dengan perpaduan pilihan warna, Anda akan menemukan aksen taman yang tepat untuk mengakomodasi sisa taman musim gugur untuk pemandangan penuh warna.

Bunga-bunga ini lebih lambat tumbuh daripada yang lain dan harus ditanam antara 10-12 minggu sebelum tanggal embun beku terakhir yang diharapkan untuk memberi tanaman cukup waktu untuk matang.  

Baca juga: Bolehkan Menyiram Tanaman Bunga dengan Air Detergen?

Snapdragon

Bunga yang dapat ditanam dan tumbuh subur di dalam pot adalah snapdragon. Meski bunga mulai mekar pada akhir musim semi, bunga snapdragon akan terus mekar sepanjang musim dingin dan tahan terhadap cuaca dingin, terutama saat dipangkas pada musim panas.

Bunga-bunga yang bermekaran ini menambahkan banyak kehidupan pada taman Anda untuk efek mencerahkan sempurna untuk musim panas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com