Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 18:30 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sweet pea (Lathyrus odoratus) tanaman bunga dalam genus Lathyrus dalam keluarga Fabaceae yang memanjat dan tumbuh hingga ketinggian satu sampai dua meter.

Hal ini membuat tanaman sweet pea cocok untuk ditempat tinggi atau lokasi yang dapat membuatnya menjalar bebas, seperti dinding, pagar, atau teralis. 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Calendula

Akan tetapi, tanaman bunga ini lebih sering ditanam di taman atau digunakan sebagai tanaman hias di pot serta tetap terlihat indah dan cocok.

Bunga sweet pea memiliki bentuk unik dan menarik dengan kelopak bunga berbentuk seperti terompet serta memiliki aroma harum yang dapat membuat suasana lebih sejuk dan menenangkan.

Bunga sweet pea adalah tanaman yang relatif mudah dirawat karena hanya membutuhkan sinar matahari penuh, tanah kaya nutrisi, dan penyiraman air yang cukup.

Namun, bunga sweet pea juga sangat rentan mendapat gangguan hama, seperti serangan tikus got (Rattus norvegicus) dan tikus rumah (Mus musculus). 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Lily di Rumah

Tikus dapat memakan bunga sweet pea pada malam hari, baik memakan bagian bunganya, batang, maupun daunnya. Hal ini menyebabkan pertumbungan bunga sweet pea mati, bahkan mati, karena adanya kerusakan pada akar.

Selain itu, tikus akan meninggalkan jejak kotoran dan urine serta membuat lubang di tanah di sekitar tanaman sweet pea. Hal ini memudahkan menemukan tanda-tanda jika terdapat serangan tikus pada tanaman bunga sweet pea.

Maka itu, perlu segera membasmi dan mencegah tikus memakan bunga sweet pea agar tanaman tumbuh subur dan cantik.

Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (23/10/2023), berikut cara mencegah tikus memakan bunga sweet pea. 

Baca juga: 6 Tanaman Bunga yang Dapat Ditanam di Pot

Ciptakan hambatan fisik

Ilustrasi bunga sweet peaShutterstock/P.Cartwright Ilustrasi bunga sweet pea
Membuat hambatan fisik adalah salah satu cara efektif mengendalikan hama tikus pada tanaman sweet pea.

Cara ini dilakukan dengan membuat kandang yang menutupi sweet pea. Kandang ini harus terbuat dari bahan yang kuat, yang tidak bisa ditembus tikus, seperti kawat jaring, kain keras, atau plastik.

Anda juga harus memastikan kandang tersebut tidak memiliki bukaan yang besar karena dapat mebuat tikus mudah menyelinap masuk.

Kandang juga harus terkubur beberapa sentimeter ke dalam tanah untuk mencegah tikus menggali di bawahnya.

Selain membuat kandang, gunakan alat penyebar yang dipanaskan dengan penutup untuk melindungi bunga sweet pea dari hama tikus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com