Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bunga Berwarna Ungu yang Cantik dan Menawan, Mana Kesukaan Anda?

Kompas.com - 14/08/2023, 19:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bunga hadir dalam aneka warna yang cantik dan menawan, salah satunya ungu. 

Ungu dikenal sebagai warna yang kuat dan menenangkan. Tak heran, bunga berwarna ungu membawa sentuhan keagungan, kebangsawanan, serta kemewahan. 

Baca juga: 6 Fakta Unik Bunga Sakura yang Tidak Dapat Mekar Lama

Bunga berwarna ungu juga banyak digemari di seluruh dunia dan sering digunakan dalam berbagai acara, seperti perkawinan, kelahiran, perayaan kerajaan, hingga kematian. 

Bunga berwarna ungu memiliki tampilan cantik dan menawan, yang menciptakan hamparan ungu untuk daya tarik taman serta halaman rumah. Selain itu, bunga ungu dapat tumbuh subur di berbagai zona pertumbuhan dan wilayah di seluruh dunia.

Nah, dikutip dari Petal Republic, Senin (14/8/2022), berikut sejumlah bunga berwarna ungu yang cantik dan menawan.   

Baca juga: Simbol dan Arti Bunga Mawar Pink, Keanggunan hingga Cinta Pertama

Aster ungu

Ilustrasi bunga aster ungu.Shutterstock/EQRoy Ilustrasi bunga aster ungu.
Aster adalah genus dalam keluarga aster (Asteraceae) yang terdiri atas sekitar 180 spesies bunga. Nama aster berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti bintang. 

Ini menggambarkan kepala bunga aster yang berbentuk bintang, yang memiliki cincin kelopak bunga di sekeliling bagian tengahnya berwarna kuning cerah.

Bunga aster mekar pada akhir musim panas hingga awal musim gugur, mencerahkan taman setelah sebagian besar bunga musim panas memudar.

Tinggi bunga aster dapat mencapai 20 sentimeter hingga 2,4 meter, tergantung kultivarnya. Pastikan memilih salah satu varietas yang cocok untuk taman Anda. 

Baca juga: 4 Bunga Potong yang Cantik dan Harum, Cocok untuk Dekorasi Rumah

Allium (Allium)

Selanjutnya, bunga berwarna ungu yang cantik dan menawan adalah allium. Allium adalah genus tanaman berbunga yang terdiri atas ratusan spesies berbeda, termasuk bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.

Banyak hibrida yang ditanam sebagai tanaman hias, seperti gladiator dan globemaster, dan dihormati karena bunganya yang berbentuk bulat serta mekar di atas tangkai yang elegan.

Allium terlihat memukau dalam buket ungu atau rangkaian vas. Bunga berwarna ungu ini juga disukai serangga penyerbuk dan banyak yang tumbuh hingga sekitar tiga meter. 

Baca juga: 5 Tanaman Bunga Beraroma Wangi, Bisa Mengharumkan Ruangan 

Lavender 

Ilustrasi tanaman lavender.Shutterstock/freya-photographer Ilustrasi tanaman lavender.
Lavender menjadi salah satu bunga ungu yang paling terkenal. Lavender sebenarnya adalah genus dari hampir 50 bunga yang berbeda.

Sebagian besar jenis lavender sangat harum dan digunakan untuk parfum dan aromaterapi, terutama Lavandula angustifolia.

Tanaman lavender menghasilkan bunga berwarna ungu kecil pada tangkai tinggi di atas dedaunan yang tumbuh rendah dan sebagian besar tumbuh subur dalam kondisi kering dan cerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com