Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 19:34 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comHanduk adalah salah satu alat mandi yang harus dimiliki. Handuk terbuat dari kain tebal yang lembut.

Namun, seiring bertambahnya waktu pakai, handuk lembut bisa berubah menjadi kasar. Apabila memiliki handuk yang sudah kasar, jangan terburu-buru membuangnya.

Sebab, handuk kasar ternyata bisa dibuat menjadi lembut kembali. Anda bisa memanfaatkan cuka untuk membuat handuk lama kembali lembut.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga agar handuk tetap lembut, sehingga bisa digunakan dalam waktu lebih lama. Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (5/11/2023), berikut tips agar handuk tetap lembut.

Baca juga: Cara Melembutkan Handuk Kasar dan Keras Pakai Cuka

Melembutkan handuk dengan cuka

Ilustrasi handuk mandi, handuk yang lembut. SHUTTERSTOCK/OLEGRI Ilustrasi handuk mandi, handuk yang lembut.

Cara melembutkan handuk dengan mudah yaitu menggunakan cuka. Caranya cukup dengan menuangkan cuka putih ke atas handuk yang hendak dicuci.

Kemudian, cuci seperti biasa. Apabila handuk masih kasar, Anda bisa mengulang langkah tersebut sampai handuk kembali lembut.

Hindari kesalahan saat mencuci handuk

Selain menggunakan cuka, cara lain untuk menjaga handuk tetap lembut yaitu dengan menghindari kesalahan saat mencuci alat mandi ini.

Handuk sebaiknya dicuci secara terpisah dengan pakaian atau kain lain. Tujuannya untuk menghindari kerusakan serat dan warna.

Baca juga: Cara Melembutkan Handuk yang Kasar dan Kaku

Sementara itu, handuk yang masih baru tidak boleh dicuci dengan handuk lama. Lily Cameron, supervisor di Fantastic Cleaners mengatakan bahwa mencampur handuk baru dengan handuk lama bisa menyebabkan perpindahan warna.

Selain itu, jangan mencuci handuk terlalu banyak dalam mesin cuci. Sebab, handuk membutuhkan banyak ruang agar bisa bersih dengan maksimal.

Memasukkan terlalu banyak handuk dalam mesin cuci bisa membuat handuk menggumpal dan lembap, sehingga membuat handuk kaku dan gatal.

Kesalahan mencuci handuk lainnya yang sering dilakukan yaitu mencuci handuk dengan banyak deterjen. Kesalahan ini perlu dihindari karena deterjen bisa membuat handuk kaku dan tidak lembap.

Cuci sesuai dengan labelnya

Tips agar handuk tetap lembut lainnya yaitu dengan mencuci sesuai label yang tertera pada handuk tersebut.

Baca juga: 5 Cara Mencuci Handuk agar Tetap Lembut dan Segar

Keterangan pada label penting untuk diperhatikan, sebab setiap handuk memiliki ketentuan yang berbeda terkait cara pencuciannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com