Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 18:20 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci berfungsi mencuci pakaian. Namun, tugas pembersihan ini dapat membuat mesin cuci mengalami kotor, baik yang berasal dari noda pakaian maupun sisa-sisa detergen, termasuk mesin cuci bukaan atas atau top loading. 

Tentu saja, Selain itu, mesin cuci yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri serta menyebabkan bau tidak sedap.  

Baca juga: 6 Penyebab Mesin Cuci Bukaan Atas Bau, Apa Saja?

Karena itu, penting membersihkan mesin cuci bukaan atas dan depan secara teratur sesuai panduan agar tetap berfungsi baik serta menjaga pakaian tetap bersih dan harum.

Frekuensi membersihkan mesin cuci bukaan atas tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis mesin cuci, kualitas air, dan kondisi lingkungan.

Secara umum, mesin cuci bukaan atas dengan tiang agitator tengah harus dibersihkan setidaknya dua kali setahun. Mesin cuci bukaan atas berefisiensi tinggi dengan pengaduk di bagian bawah drum harus dibersihkan setiap tiga bulan.

Jika mesin cuci memiliki dispenser otomatis yang digunakan untuk setiap muatan, bersihkan setiap bulan untuk mencegah penyumbatan.

Membersihkan mesin cuci bukaan atas adalah pekerjaan mudah dan hanya membutuhkan beberapa produk rumah tangga yang mungkin sudah dimiliki di rumah. 

Dikutip dari Real Simple, Rabu (25/10/2023), berikut cara membersihkan mesin cuci bukaan atas. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas dan Depan

Alat dan bahan

  • Kain mikofiber.
  • Sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas.
  • Gelas pengukur.
  • Wastafel atau piring.
  • Microwave atau kompor.
  • Pemutih klorin cair, hidrogen peroksida, cuka putih, atau pembersih mesin cuci komersial (pilih salah satu)

Langkah membersihkan mesin cuci bukaan atas 

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.SHUTTERSTOCK/FAIZZAMAL Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.
1. Matikan mesin cuci dan cabut stekernya dari stopkontak dan keluarkan semua pakaian dari mesin cuci.

2. Pilih siklus pencucian terpanjang, ukuran muatan terbesar, dan pengaturan air terpanas. Biarkan mesin cuci terisi dengan air panas, tetapi hentikan mesin sebelum pengadukan dimulai.

3. Selanjutnya, membersihkan mesin cuci bukaan atas adalah menambahkan agen pembersih. Pilih agen pembersih yang digunakan, lalu ikuti petunjuk pada label untuk menggunakannya.  

Baca juga: 7 Penyebab Mesin Cuci Putarannya Lemah dan Cara Mengatasinya

  • Pemutih klorin

Pemutih klorin adalah agen pembersih yang kuat untuk menghilangkan residu, jamur, dan bakteri. Gunakan empat gelas pemutih klorin, lalu isi dispenser dengan pemutih dan deterjen, lalu tambahkan sisa pemutih langsung ke drum mesin cuci.

  • Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah agen pembersih yang lebih lembut untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas daripada pemutih klorin. Gunakan satu liter hidrogen peroksida untuk mengisi dispenser dan tambahkan sisanya ke drum mesin cuci. 

Baca juga: 6 Tanda Mesin Cuci Rusak yang Perlu Diketahui

  • Cuka putih

Ilustrasi cuka putih.Shutterstock/Pat_Hastings Ilustrasi cuka putih.
Gunakan 944 mililiter cuka putih sulingan dan ikuti langkah yang sama seperti pembersihan menggunakan pemutih klorin atau hidrogen peroksida.

  • Pembersih mesin cuci komersial

Pembersih mesin cuci komersial dirancang khusus untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas dan depan. Ikuti petunjuk pada label produk untuk menggunakan pembersih mesin cuci komersial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com