Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 10:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com -  Vodka merupakan jenis minuman keras yang mengandung alkohol tinggi dan berwarna bening.

Vodka biasanya disuling dari gandum yang difermentasi dan tentunya dapat memabukkan, terlebih bila dikonsumi dalam jumlah berlebih. 

Baca juga: 7 Permukaan Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Saus Tomat

Botol vodka yang masih berisi penuh tak jarang juga digunakan sebagai pajangan atau elemen dekorasi untuk mempercantik ruangan. 

Sering kali botol-botol vodka ini hanya menumpuk debu dan melewati masa kedaluawarsa, yang akhirnya membuatnya tidak dapat diminum saat pesta. 

Namun, sebelum buru-buru membuangnya, minuman alkohol ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan di rumah.  

Nah, dilansir dari The Kitchn, Rabu (25/10/2023), berikut sejumlah manfaat vodka untuk membersihkan rumah

Baca juga: 8 Manfaat Menggunakan Cuka untuk Mencuci Pakaian, Wajib Coba!

Membersihkan lampu gantung 

Ilustrasi lampu chandelier, lampu gantung. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi lampu chandelier, lampu gantung.
Vodka dapat digunakan untuk membersihkan lampu gantung: Pertama-tama, buat larutan vodka sebanyak empat sendok teh ke dalam seliter air, kemudian semprotkan larutan pada lampu gantung.

Jangan lupa meletakkan kain kering atau ember di bawah lampu untuk menangkap tetesan air dari pembersihan lampu. Setelah mengering, Anda akan melihat lampu gantung kembali bersih.

Menghilangkan bau tidak sedap pada serbet 

Selanjutnya, manfaat vodka untuk membersihkan rumah adalah menyingkirkan bau tidak sedap pada serbet maupun handuk dapur.

Caranya, tambahkan 118 mililiter vodka ke dalam mesin cuci saat mencuci serbet, lalu jalankan siklus pencucian lembut, dan bau tak sedap pun alan hilang dari serbet. 

Baca juga: 4 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda, Bisa Rusak

Singkirkan noda minyak di dapur

Dapur rentan terkena noda minyak yang terjadi saat memasak dan makanan berminyak yang terjatuh. Untungnya, noda minyak ini dapat dibersihkan dengan vodka. 

Anda dapat menggunakan vodka, baik secara langsung maupun mencampurnya dengan air. Vodka dapat menghilangkan noda minyak pada kompor, backsplash, dan meja dapur. Semprotkan atau basahi kain lap pembersih untuk melakukannya.

Membunuh jamur dan lumut dalam dempul

Ilustrasi membersihkan lumut di dinding kamar mandi.SHUTTERSTOCK/AOMAS Ilustrasi membersihkan lumut di dinding kamar mandi.
Manfaat vodka untuk membersihkan rumah lainnya adalah membasmi kuman dan lumut dalam dempul.

Misalnya, jika dempul di sekitar bak mandi atau shower mulai terlihat kumuh, semprotkan dengan vodka. Tunggu beberapa menit dan bersihkan hingga bersih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk dengan Disinfektan dan Cuka

Menghilangkan buih sabun 

Buih sabun dapat menumpuk di berbagai permukaan di kamar mandi, seperti dinding, lantai, dan bathtub. Ambil semprotan vodka dan siram bak mandi, lalu tunggu 10 menit, dan bilas bak mandi. Vodka akan membawa buih ke saluran pembuangan

Membersihkan residu stiker 

Residu stiker bisa sulit dihilangkan. Jika memiliki residu stiker yang membandel, vodka bisa membantu membersihkannya.

Cukup gunakan bola kapas atau kapas untuk mengoleskannya, lalu gosok hingga residu stiker terlepas dan menghilang. Vodka juga bisa digunakan untuk sisa-sisa bergetah dari stiker yang sudah Anda kupas. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda, Bebas Bau

Hilangkan bau tak sedap

Terakhir, manfaat vodka untuk membersihkan rumah adalah menghilangkan bau tidak sedap. Caranya, tuangkan sedikit vodka ke dalam botol semprot, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambah kekuatan aroma, dan semprotkan vodka pada kasur, karper, gorden, dan pelapis kain atau benda lainnya yang berbau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com