Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Keringat pada Pakaian dengan Baking Soda

Kompas.com - 18/07/2023, 11:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara yang panas membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Kondisi ini tentu saja membuat pakaian yang dikenakan menjadi basah, bahkan berbau.

Bau keringat pada pakaian layaknya bau apak dan membuat tak nyaman. Meski bukan menjadi masalah yang harus dikhawatirkan, bau keringat pada pakaian terkadang sulit dihilangkan walau sudah dicuci bersih.  

Baca juga: Cara Mengatasi Pakaian Putih Terkena Luntur Pakai Pemutih

Untungnya, menghilangkan bau keringat dari pakaian mudah dilakukan. Anda hanya memerlukan satu bahan, yaitu baking soda.

Baking soda dikenal sebagai bahan alami penghilang bau serta aman untuk cucian. Jadi, Anda perlu khawatir memasukkan baking soda ke dalam rutinitas mencuci pakaian

Nah, dilansir dari Apartment Therapy, Selasa (18/7/2023), berikut cara menghilangkan bau keringat dari pakaian dengan baking soda. 

Ilustrasi baking sodaPixabay/Monfocus Ilustrasi baking soda
Bahan dan alat yang dibutuhkan 

  • Baking soda 
  • Air
  • Ember besar, wastafel, atau bak mandi
  • Detergen pakaian. 

Baca juga: Kenapa Mencuci Pakaian Harus Dipisah? Ini Penjelasannya

Campurkan semua bahan 

Langkah pertama menghilangkan bau keringat dari pakaian dengan baking soda adalah mencampurkan 236 mililiter baking soda ke dalam 3,7 liter air dingin dalam ember besar atau wastafel atau bak mandi. Aduk rata sampai baking soda larut.

Tambahkan pakaian 

Selanjutnya, cara menghilangkan bau keringat dari pakaian adalah masukkan pakaian yang berkeringat ke ember, aduk ratu hingga pakaian benar-benar basah dan terendam di dalam larutan air baking soda. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Darah Kering dari Pakaian dan Kain

Biarkan pakaian terendam 

Biarkan pakaian terendam dalam campuran tersebut. Untuk keringat pada musim panas, biarkan pakaian meresap sekitar 15 menit, tetapi Anda bisa membiarkannya semalaman atau sampai 24 jam guna menghilangkan bau keringat yang sangat kuat dari pakaian. 

Tiriskan 

Ilustrasi mencuci pakaian wol.Shutterstock/Damian Lugowski Ilustrasi mencuci pakaian wol.
Setelah selesai merendam pakaian berkeringat, langkah menghilangkan bau keringat dari pakaian adalah meniriskan air baking soda dan masukkan pakaian ke mesin cuci. Anda tidak perlu membilasnya.

Bisa pula menambahkan cucian tambahan yang tidak perlu direndam terlebih dahulu jika  ingin menambah beban cucian. 

Baca juga: Penyebab Pakaian Kotor Setelah Dicuci dan Cara Menghilangkannya

Cuci dan keringkan pakaian secara teratur 

Terakhir, cara menghilangkan bau keringat dari pakaian dengan baking soda adalah masukkan ke mesin cuci biasa dengan detergen untuk menghilangkan bau keringat yang masih tersisa.

Setelah itu, jemur pakaian di luar ruangan atau menggunakan mesin pengering. Pakaian kembali berbau segar sepanjang musim panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com