Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Garam Epsom untuk Mencuci Pakaian dan Cara Pakainya

Kompas.com - 13/06/2023, 11:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian yang baru dicuci memiliki aroma yang menyegarkan. Sementara produk pewangi komersial menawarkan berbagai penguat aroma, namun harganya bisa cukup mahal dan mengandung bahan sintetis.

Inilah saatnya menggunakan garam epsom untuk mencuci pakaian. Garam epsom atau magnesium sulfat, tidak hanya untuk mandi santai dan berendam kaki yang menenangkan otot, namun juga memiliki beragam manfaat lainnya

Dikutip dari House Digest, Selasa (13/6/2023), garam epsom memiliki manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman mencuci pakaian dengan cara yang sederhana dan ramah lingkungan. Salah satu aspek menguntungkan dari garam epsom adalah kemampuannya untuk menghilangkan bau.

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menjemur Pakaian

Ilustrasi garam epsom.Shutterstock/NIKCOA Ilustrasi garam epsom.

Selain itu, garam epsom berfungsi sebagai pelembut kain, membuat pakaian terasa lembut di kulit. Berikut manfaat garam epsom untuk mencuci pakaian dan cara menggunakannya.

Garam epsom menjadi pelengkap deterjen

Mulailah dengan garam epsom murni tanpa pewangi tanpa tambahan pewangi atau pewarna. Selanjutnya, siapkan mesin cuci seperti biasa untuk beban cucian biasa.

Sortir pakaian berdasarkan warna dan jenis kain, dan tambahkan deterjen dalam jumlah yang sesuai. Kemudian, biarkan garam epsom larut dalam air sebelum menambahkannya ke dispenser deterjen.

Jumlah yang disarankan biasanya sekitar setengah cangkir per muatan berukuran biasa, tetapi Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan preferensi pribadi atau ukuran muatan. Jalankan siklus pencucian seperti biasa, dan biarkan garam epsom bekerja.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Pakaian?

Pastikan untuk mengecek manual produsen mesin cuci untuk rekomendasi atau batasan khusus. Meskipun garam epsom umumnya aman digunakan di mesin cuci, ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu dipertimbangkan.

Misalnya, meskipun cocok untuk sebagian besar kain, tetap penting untuk mempertimbangkan petunjuk perawatan khusus untuk barang halus atau pakaian dengan kebutuhan khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com