Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2023, 09:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer adalah peralatan elektronik yang berfungsi menggoreng makanan dengan lebih praktis dan mudah, bahkan diklaim lebih sehat daripada menggoreng dengan minyak dan wajan.

Meski demikian, air fryer terbaik pun tidak terbebas dari perawatan dan pembersihan rutin. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Membersihkan Air Fryer

Helen Hope, penata rumah senior di Studio, mengatakan air fryer adalah peralatan dapur modern. Banyak rumah tangga saat ini memilih air fryer daripada oven.

Namun, air fryer yang sering digunakan, harus sering dibersihkan karena minyak dapat menumpuk dengan cepat di dalam peralatan yang dapat menyebabkan bau tak sedap," jelasnya. 

Namun, jangan khawatir, membersihkan air fryer mudah dilakukan. Ditambah, dapat memakai bahan sederhana yang ditemukan di rumah-rumah, seperi lemon

Baca juga: 4 Langkah Mudah Membersihkan Air Fryer dengan Benar

 

Cara membersihkan air fryer dengan lemon

Ilustrasi air fryer.Shutterstock/Enjoy The Life Ilustrasi air fryer.
Zoe McLean, ekonom rumah tangga senior di Breville, menjelaskan setelah memasak ikan dan makanan lain dengan air fryer, Anda mungkin mendapati bau tidak sedap yang tertinggal. 

Dengan menambahkan irisan lemon dan air dalam mangkuk tahan panas ke dalam air fryer, lalu nyalakan peralatan selama 10 menit. Bau tak sedap akan hilang dari air fryer dan dapur kembali beraroma segar kembali. 

Helen menambahkan lemon tidak hanya digunakana untuk olahan masakan maupun minuman, tetapi juga bisa digunakan untuk produk pembersih alami yang bagus dan aman untuk peralatan kar3na kandungan asam yang dimilikinya, termasuk membersihkan air fryer.  

Baca juga: Cara Membersihkan Air Fryer yang Benar agar Tidak Cepat Rusak

Jika ingin meningkatkan lagi kemampuan menghilangkan bau, Helen menyarankan mencampurkan setengah buah lemon dengan satu sendok makan cuka ke dalam mangkuk tahan panas. 

Setelah itu, nyalakan air fryer selama tiga sampai lima menit pada suhu 200C dan ulangi jika masih ada noda menempel. 

Padukan kiat ini dengan wewangian rumah terbaik untuk dapur kecil dan Anda akan menciptakan aroma khas untuk ruma yang sangat segar. 

Namun, meski menjadi solusi cepat yang sempurna, trik membersihkan air fryer dengan lemon ini hanya sebagai pelengkap, bukan solusi akhir. 

Baca juga: 4 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Stuart McCay, Manajer Layanan Pelanggan dan Dukungan di Tefal, mengatakan cara membersihkan air fryer dengan lemon dan air secara khusus untuk menghilangkan bau.

Namun, disarankan metode pembersihan standar terlebih dahulu sebelum memasukkan mangkuk berisi irisan lemon dan air yang tahan panas ke dalam keranjang air fryer dengan suhu tinggi selama 10 - 15 menit. 

"Pastikan membersihkan air fryer setiap kali selesai digunakan dan gunakan lemon setiap beberapa minggu sekali untuk menjaga peralatan tetap dalam kondisi terbaiknya," tambah Helen.

Zoe menambahkan penting juga membersihkan laci dan baki dari air fryer. Baki ini aman dicuci menggunakan mesin pencuci piring. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com