Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Air Fryer dan Deep Fryer, Jangan Sampai Keliru

Kompas.com - 28/02/2023, 08:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggoreng adalah cara mengolah makanan yang populer. Untuk menggoreng makanan, Anda bisa menggunakan air fryer, yang populer dalam beberapa tahun terakhir, dan deep fryer yang sudah hadir lebih dulu.

Akan tetapi, apa perbedaan air fryer dan deep fryer? Keduanya adalah alat yang berbeda dengan cara kerja yang berbeda pula.

Oleh karena itu, jangan sampai keliru terkait dua alat untuk menggoreng ini. Dikutip dari Health My Lifestyle, Selasa (28/2/2023), berikut perbedaan air fryer dan deep fryer yang perlu diketahui.

Baca juga: Menggoreng dengan Air Fryer, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Ilustrasi deep fryer, menggoreng makanan dengan deep fryer. SHUTTERSTOCK/JABOO2FOTO Ilustrasi deep fryer, menggoreng makanan dengan deep fryer.

Cara kerja deep fryer

Deep fryer memasak makanan dengan cara merendam makanan dalam minyak panas. Prosesnya melibatkan merendam makanan sepenuhnya dalam minyak.

Deep fryer biasanya memiliki keranjang tempat makanan ditempatkan untuk membantu menurunkan makanan dan membantu mengangkatnya dari minyak.

Minyak panas menguapkan kelembapan di lapisan luar makanan, membuatnya renyah sekaligus memerangkap kelembapan di dalam makanan dan memasaknya dengan cepat.

Anda akan melihat gelembung terbentuk di sekitar makanan setelah dimasukkan ke dalam minyak, yaitu uap air yang menguap dari luar.

Baca juga: Bisakah Pakai Kompor Induksi untuk Menggoreng dengan Banyak Minyak?

Makanan yang digoreng dengan deep fryer sering kali dilapisi adonan basah sebelum digoreng, tetapi tidak selalu. Adonan biasanya dibuat dengan telur, susu, dan tepung atau remah roti.

Makanan yang digoreng dengan deep fryer biasanya meneteskan minyak setelah diangkat, sehingga sebaiknya meletakkan makanan di atas tisu dapur setelah matang, untuk membantu menghilangkan minyak berlebih dan membuatnya lebih garing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com