Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comJambu biji merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Buah ini memiliki rasa dan tekstur yang enak.

Tak hanya itu, nutrisi yang terkadang di dalamnya juga baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Buah jambu biji juga tergolong sebagai buah yang mudah ditanam.

Bahkan, banyak yang menanam buah ini di pekarangan rumah. Namun, untuk membuat tanaman ini berbuah lebat, perawatannya harus dilakukan dengan maksimal.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (22/10/2023), berikut ini beberapa cara agar jambu biji rajin berbuah.

Baca juga: Tertarik Budidaya Jambu Kristal? Begini Caranya

Siram tanaman setiap hari

Setelah tanaman berumur 2 minggu, penyiraman perlu dilakukan setiap hari pada sore hari. Penyiraman berguna untuk menunjang pertumbuhan tanaman.

Semakin besar pohonnya, maka frekuensi penyiraman semakin berkurang. Pada tanaman jambu yang ditanam dalam pot, penyiraman tetap perlu dilakukan walaupun sedang musim hujan. Intensitas penyiraman tanaman jambu dalam pot bisa dilakukan dua kali sehari.

Ilustrasi jambu bijiSHUTTERSTOCK/NITAVIN Ilustrasi jambu biji

Berikan pupuk berimbang dan teratur

Selain mencukupi kebutuhan air, memastikan nutrisi tersedia juga menjadi langkah yang penting untuk dilakukan.

Tanaman jambu biji bisa diberi pupuk NPK setiap 3 sampai 4 bulan sekali dan pupuk kandang setiap 6 bulan sekali.

Jumlah pupuk kandang yang diberikan pada tanaman jambu dalam pot sebanyak 3 kg/pot, sedangkan pada jambu yang ditanam di lahan, jumlah pupuk yang diberikan sebanyak 15 kg.

Baca juga: Cara Menanam Jambu Kristal di Pot, Mudah Dilakukan

Pangkas cabangnya

Cara agar jambu biji rajin berbuah berikutnya yaitu dengan rutin memangkas cabang tanaman ini. Pemangkasan dilakukan saat memasuki musim awal berbuah.

Tujuannya untuk membentuk struktur pohon terbuka. Cara ini akan membuat tanaman menghasilkan cabang dewasa dan buah yang berkualitas.

Cabang atau ranting yang sudah tua dan sakit juga perlu dipangkas. Lakukan pemangkasan ringan secara rutin dan berulang untuk merangsang pertumbuhan pucuk.

Pemangkasan cabang dilakukan dengan cara memotong bagian ujung cabang 10 sampai 20 cm untuk memacu pertumbuhan tunas dan bunga.

Setelah dipanen, pemangkasan tetap perlu dilakukan agar musim panen berikutnya bisa berbuah serentak dan panennya maksimal.

Baca juga: 7 Hama yang Sering Menyerang Tanaman Jambu Air dan Cara Membasminya

Lakukan penjarangan dan pembungkusan buah

Selain melakukan pemangkasan, buah jambu juga perlu diseleksi. Buah yang muncul di samping pohon sebaiknya dibuang. Sedangkan buah yang tumbuh di tengah pohon dirawat sampai panen.

Buah yang dipilih kemudian dibungkus menggunakan kantong kertas atau plastik. Tujuannya untuk mencegah serangan hama yang dapat mengurangi kuantitas dan kualitas buah jambu biji.

Itulah beberapa cara agar jambu biji rajin berbuah. Selain membuat tanaman rajin berbuah, perawatan yang maksimal juga akan membuat tanaman tumbuh subur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com