Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2023, 20:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Merawat tanaman di rumah ternyata mendatangkan banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang, merawat tanaman juga bisa menjaga kesehatan mental.

Tanaman yang ditanam di rumah juga membuat rumah terlihat lebih cantik. Jika tanaman yang dibudidayakan dari jenis sayur-sayuran, maka hasil panennya bisa dikonsumsi pribadi, sehingga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

Dilansir dari situs Universitas Medan Area dan sumber lainnya, Rabu (4/10/2023), berikut ini beberapa manfaat merawat tanaman yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 4 Manfaat Merawat Tanaman Laba-laba di Rumah

Mengurangi stres

Sebuah studi dalam Journal of Physiological Anthropology, menyebutkan bahwa tanaman hias di rumah atau kantor bisa membuat lebih nyaman dan tenang.

Ilustrasi merawat tanamanShutterstock/Okrasiuk Ilustrasi merawat tanaman

Tingkat stres orang yang memelihara tanaman cenderung lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak merawat tanaman.

Membuat lebih fokus

Manfaat merawat tanaman lainnya yaitu bisa meningkatkan fokus. Sebuah studi membuktikan bahwa sisa yang belajar dalam ruangan yang memiliki tanaman hidup memiliki fokus lebih baik dibandingkan siswa di kelas lain.

Maka dari itu, jangan ragu untuk meletakkan tanaman di dalam ruangan, khususnya ruang belajar atau ruang kerja agar lebih fokus dan produktif.

Baca juga: Simak, Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Mental

Mengatasi berbagai gangguan mental

Salah satu terapi untuk mengatasi gangguan kejiwaan yaitu dengan merawat tanaman di rumah. Dengan merawat tanaman, maka suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu, merawat tanaman akan memaksa Anda bergerak. Kondisi tersebut membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Mempercepat proses pemulihan setelah sakit

Manfaat merawat tanaman lainnya yaitu bisa membantu mempercepat proses pemulihan setelah sakit.

Sebuah riset yang terdapat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine membuktikan bahwa beberapa pasien yang melihat tanaman saat masa pemulihan memiliki kondisi lebih cepat, dibandingkan pasien yang tidak melihat tanaman.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Merawat Tanaman Sukulen

Menyediakan makanan sehat

Jika Anda menanam tanaman sayur atau buah, maka hasil panennya bisa dikonsumsi pribadi. Hasil panen dari kebun sendiri umumnya lebih sehat karena tidak terpapar bahan kimia.

Selain itu, sayuran dari kebun sendiri juga lebih segar. Sebab, setelah dipanen bisa langsung diolah dan dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat merawat tanaman di rumah. Anda bisa menanam tanaman di halaman rumah atau di dalam rumah yang perawatannya sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com