Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menanam Tanaman Sayur di Kebun agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 08/09/2023, 21:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman sayur di kebun rumah dapat memberikan sejumlah keuntungan. 

Ketika panen, tanaman sayur dapat dikonsumsi atau diolah menjadi hidangan sayur, menghasilkan sayur lebih sehat, serta menghemat pengeluaran dapur.  

Baca juga: 7 Kesalahan Menyiram Tanaman Sayur yang Harus Dihindari

Namun, menanam sayur di kebun tidak boleh dilakukan sembarangan agar tanaman subur serta menghasilkan sayur berkualitas. 

Apabila tertarik memulai kegiatan berkebun ini, berikut cara menanam tanaman sayur di kebun sendiri dikutip dari Ideal Homes, Jumat (8/9/20230.

Pilih tempat terbaik

Ilustrasi menyiram tanaman sayur.Shutterstock/Rawpixel.com Ilustrasi menyiram tanaman sayur.
Idealnya, Anda ingin membuat kebun sayur di area yang mendapat banyak sinar matahari, jauh dari pepohonan (yang bisa menyerap nutrisi berharga dari tanah), dan sebisa mungkin terlindung dari angin.

Ahli tanaman dari GardenBuildingsDirect.co.uk, mengatakan sebagian besar tanaman sayur membutuhkan sekitar enam hingga delapan jam sinar matahari setiap harinya untuk membantu tumbuh subur. 

Permukaan yang relatif datar diperlukan untuk memastikan akar tidak kusut dan memiliki sumber air di dekatnya guna membantu saat menyiram tanaman.

Memilih tanaman sayur dan buah yang akan Anda tanam, tergantung pada seberapa banyak ruang yang dimiliki di kebun.

Jadi, ukurlah dengan cermat dan buat sketsa rencana untuk memanfaatkan tempat yang Anda pilih dengan sebaik-baiknya. 

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh

Bagi lahan 

Selanjutnya, cara menanam tanaman sayur di kebun adalah membagi lahan. Anda membutuhkan fleksibilitas di kebun sehingga dapat merotasi tanaman dari satu tahun ke tahun berikutnya. Hal ini bermanfaat bagi tanah serta mencegah penumpukan hama dan penyakit.

Idealnya, cobalah membagi lahan menjadi tiga bagian untuk merotasi tanaman selama tiga tahun. Kelompokkan kacang polong, kacang-kacangan, dan sayuran berbuah (seperti mentimun dan paprika), kemudian brassica (kubis dan kembang kol), dan terakhir umbi-umbian, bawang bombay, dan tanaman daun (selada dan bayam).

Untuk tanaman tahunan, seperti asparagus atau pohon buah-buahan dan semak-semak, Anda harus mengalokasikan tempat permanen. 

Baca juga: 10 Tanaman Sayur yang Tumbuh Cepat, Bisa Hemat Pengeluaran

Hemat ruang

Ilustrasi tanaman selada, menanam selada. PIXABAY/ANALOGICUS Ilustrasi tanaman selada, menanam selada.
Gunakan raised beds atau pot tanaman untuk memanfaatkan setiap sentimeteri di kebun. Selain itu, raised beds mudah dikelola karena Anda dapat mengontrol tanah yang dimasukkan dan pot dapat mengalir lebih bebas.

Tanam tanaman sayur dalam raised beds, bak air, dan keranjang gantung untuk memanfaatkan ruang ekstra serta gunakan pagar dan teralis untuk menanam buncis dan tanaman merambat. 

Baca juga: 8 Tanaman Sayur dan Buah yang Tumbuh di Air, Apa Saja?  

Mulai dengan tanaman pemula yang mudah ditanam

Setelah melihat ruang, cara menanam tanaman sayur di kebun selanjutnya adalah mempertimbangkan berapa banyak waktu yang dapat Anda berikan untuk lahan baru yang dapat ditanam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com