Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2023, 15:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Jika memiliki kucing peliharaan, mungkin Anda pernah melihat pupil mata membesar. Pupil adalah bagian hitam pada mata yang berfungsi untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Saat mata kucing melebar, biasanya pupil yang awalnya hanya berubah celah vertikal akan melebar dan tampak bulat penuh. Mata kucing juga akan terlihat lebih besar.

Lantas, apakah pupil kucing membesar merupakan hal yang normal? Dan apa penyebab pupil mata kucing membesar? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Kenapa Pupil Mata Kucing Membesar dan Melebar?

Normalkah mata kucing membesar?

Dilansir dari Veterinarians, Rabu (4/10/2023), mata kucing membesar sebenarnya hal yang wajar. Saat mata kucing melebar, biasanya sebagai salah satu cara mengontrol cahaya yang masuk ke mata.

Ilustrasi kucing melihat dalam gelap.Shutterstock/ninaveter Ilustrasi kucing melihat dalam gelap.

Semakin lebar mata kucing, maka artinya semakin banyak cahaya yang masuk. Dalam kondisi normal, pupil kucing yang membesar hanya dalam waktu singkat.

Jika pupil kucing membesar dalam waktu lama, maka kondisi tersebut bisa menjadi pertanda kucing mengalami masalah kesehatan. Apabila kucing Anda mengalami kondisi tersebut, segeralah untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan terdekat.

Kenapa pupil mata kucing membesar?

Masih mengutip dari situs yang sama, ada beberapa hal yang ternyata bisa menyebabkan pupil mata kucing membesar. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Vertikal? Ini Penjelasannya

1. Faktor lingkungan

Pupil mata melebar bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan. Umumnya terjadi saat jarak pandang atau tingkat cahaya rendah.

Jadi, saat kucing berada di tempat gelap atau redup, mata kucing akan lebih lebar dibandingkan saat berada di tempat terang.

2. Sedang merasa gembira atau takut

Ketika kucing bermain, mereka akan merasa bersemangat. Kondisi ini ternyata bisa menyebabkan pupil membesar.

Tak hanya ketika gembira saja, saat kucing merasa takut juga pupilnya bisa membesar. Fenomena ini bisa dilihat saat kucing berjumpa dengan anjing.

3. Masalah kesehatan

Penyebab pupil mata kucing membesar lainnya yaitu karena ada masalah kesehatan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada kucing tua.

Baca juga: Bukan Mistis, Ini Alasan Mata Kucing Bersinar Saat Kondisi Gelap

Mata kucing yang sudah tua biasanya terus melebar dalam waktu yang lama. Beberapa masalah kesehatan yang mengakibatkan pupil melebar, antara lain;

Ilustrasi pupil mata membesariStockphoto/Milk Photography Ilustrasi pupil mata membesar

  • Glaukoma: terjadi peningkatan tekanan intraokular yang bisa mempengaruhi satu atau kedua pupil mata melebar.
  • Atrofi iris: penipisan iris yang tampak seolah-olah ada lubang pada struktur iris. Biasanya hanya menyerang satu mata.
  • Tumor mata: penyakit ini bisa mempengaruhi struktur mata.
  • Anisocoria: terjadi saat pupil tidak rata atau salah satu pupilnya lebih lebar dibandingkan lainnya. Biasanya disebabkan oleh ulkus kornea dan glaukoma.

Itulah beberapa penyebab pupil mata kucing membesar. Bisa disimpulkan bahwa ketika pupil mata membesar dalam waktu sementara, maka hal tersebut tergolong sebagai kondisi normal.

Baca juga: Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengatasinya

Namun, saat pupil membesar dalam waktu lama, maka sebaiknya segera periksakan kucing ke dokter hewan karena tak menutup kemungkinan terdapat masalah pada mata kucing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com