Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Anak Kucing Diare dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 13/09/2023, 15:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti hewan peliharaan lain, anak kucing juga rentan terjangkit penyakit. Salah satu penyakit yang biasanya diderita anak kucing yaitu gangguan pencernaan seperti diare.

Biasanya, diare pada anak kucing ditandai dengan tinja yang encer. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan anak kucing dehidrasi parah dan lemas akibat kehilangan cairan.

Ada banyak penyebab anak kucing diare. Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (13/9/2023), berikut penyebab dan cara mencegah penyakit ini.

Baca juga: Penyebab Anak Kucing Diare dan Cara Mengatasinya

Penyebab diare pada anak kucing

Diare bisa disebabkan oleh banyak hal, simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Perubahan pola makan

Mengubah pola makan pada anak kucing ternyata bisa menyebabkan diare. Hal tersebut dikarenakan karena biasanya kucing belum beradaptasi dengan perubahan makanan yang baru diberikan.

Ilustrasi anak kucingiStockphoto/FamVeld Ilustrasi anak kucing

Namun, biasanya penyebab ini hanya bersifat sementara karena saat anak kucing mulai beradaptasi, maka diare akan sembuh dan teman bulu bisa mengonsumsi makanan dengan lahap.

Meskipun demikian, jika ingin mengubah pola makan sebaiknya berikan secara perlahan agar pencernaan anak kucing bisa beradaptasi dengan baik.

2. Efek samping obat

Meskipun terkadang diperlukan, obat-obatan seperti antibiotik dan pereda nyeri bisa menyebabkan efek samping, salah satunya diare.

Jika hal ini ternyata, maka sebaiknya segera hubungi dokter hewan agar anak kucing bisa mendapatkan perawatan terbaik.

Baca juga: Cegah Diare, Begini Cara Aman Mengganti Makanan Kucing ke Merek Lain

3. Adanya parasit usus

Parasit usus banyak ditemukan di saluran usus anak kucing dan hewan lain. Parasit ini bisa menyebabkan diare karena dapat mengiritasi lapisan usus. Terkadang, telur parasit akan keluar bersama tinja.

4. Stres

Sama seperti manusia, anak kucing juga bisa mengalami stres. Biasanya mereka akan merasa stres saat berada di lingkungan baru atau takut saat hidup bersama hewan lain. Kondisi ini bisa mengganggu kesehatan, seperti menyebabkan diare.

5. Keracunan

Anak kucing diare juga bisa diakibatkan oleh keracunan makanan atau bahan kimia yang tidak sengaja tertelan. Akibatnya, saluran pencernaan terganggu dan menyebabkan diare.

Baca juga: Penyebab Diare pada Anak Kucing dan Kapan Harus ke Dokter Hewan

6. Gangguan dan penyakit pada pencernaan

Berbagai penyakit pada saluran pencernaan juga bisa mengakibatkan diare. Bahkan masalah seperti sulitnya organ menyerap vitamin atau kadar vitamin yang dikonsumsi terlalu rendah juga bisa memicu diare.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com