Kompas.com - 18/10/2021, 10:28 WIB
Ilustrasi kucing, mata kucing. SHUTTERSTOCK/STOCKSNAPIlustrasi kucing, mata kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda memerhatikan mata kucing? Jika diperhatikan secara seksama, tak hanya memiliki ragam warna saja, namun kucing memiliki pupil mata yang vertikal.

Melansir dari Martha Stewart, Senin (18/10/2021), menurut para ahli, bentuk pupil kucing memiliki tujuan evolusioner. 

"Pupil vertikal, atau celah, memiliki kemampuan untuk melebarkan atau menyempit ke berbagai ukuran, oleh karena itu menentukan seberapa banyak cahaya yang bisa masuk ke mata," kata Gabrielle Fadl, dokter hewan di Bond Vet.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menatap Dinding

Tujuan utama dari bentuk pupil mata vertikal pada kucing adalah untuk memungkinkan penglihatan di siang hari yang cerah serta cahaya malam yang redup.

Ilustrasi kucingUnsplash/Ariana Suárez Ilustrasi kucing

Sementara itu, penglihatan yang baik sangat penting untuk kucing di alam liar dan kucing peliharaan pun masih memiliki kemampuan yang sama. Itu sebabnya kucing dapat melihat tikus berlarian dalam gelap atau burung kecil terbang melewati jendela.

“Akibatnya, cahaya masuk ke mata lebih cepat, yang dimanfaatkan oleh kucing sebagai keuntungan untuk bisa melihat pergerakan lebih cepat,” jelas Jesus Aramendi, dokter hewan senior di Chewy.

Kucing juga memiliki membran khusus yang terletak di bagian belakang mata di belakang retina yang disebut 'tapetum lucidum'.

Baca juga: Penyebab Alergi Kucing dan Cara Mengurangi Bulu Kucing di Rumah

Tapetum memungkinkan cahaya untuk dipantulkan melalui batang (sel yang bertanggung jawab untuk penglihatan malam) dua kali, lebih meningkatkan penglihatan malam kucing.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.