Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Kompas.com - 26/09/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Polusi udara masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, terutama warga Jakarta dan sekitarnya.

Pasalnya, Jakarta beberapa kali menyandang status sebagai kota dengan kualitas terburuk di dunia selama beberapa bulan belakangan. 

Baca juga: Samsung Hadirkan 3 Produk Air Purifier, Kurangi Polusi Udara di Rumah

Namun, polusi udara tidak hanya terjadi di luar ruangan, tapi juga dalam ruangan. Sayangnya, sampai saat ini, lebih banyak perhatian diberikan pada udara luar ruangan yang kita hirup daripada polusi yang dihasilkan di dalam rumah.

Meski banyak dari kita yang sudah terbiasa memeriksa kualitas udara di rumah, tidak banyak orang yang tahu apa yang mereka cari atau bagaimana cara mengubah hasilnya.

Frank Kelly, Kepala Environmental Research Group di Imperial College, London, mengatakan seiring dengan meningkatnya kualitas udara luar ruangan di kota-kota besar dan kecil, polusi udara dalam ruangan menjadi bagian yang lebih besar dalam masalah polusi udara. 

Efek udara dalam ruangan yang buruk terhadap kesehatan kurang dipahami dengan baik dibanding kualitas udara di luar ruangan. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Produk untuk Atasi Polusi Udara di Ruangan

Padahal, beberapa penelitian mengungkapkan ada akualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan infeksi saluran pernapasan.

Laporan pada 2020 dari Royal College of Physicians, menjelaskan kualitas udara berubah dari satu gedung ke gedung lain, dari satu tempat ke tempat lain, dari waktu ke waktu, dan sebagai respons terhadap aktivitas yang terjadi di dalam ruangan.

Cara utama orang terpapar adalah menghirup polutan, tetapi polutan juga dapat tertelan atau diserap melalui kulit.  

Maka itu, penting segera mengambil tindakan membersihkan polusi udara di dalam rumah dan meningkatkan kualitas udara demi memperoleh hidu lebig sehat. 

Dikutip dari Ideal Home, Selasa (26/9/2023), berikut cara meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. 

Baca juga: 6 Manfaat Air Purifier di Rumah, Tidak Hanya Terkait Polusi Udara

Buka jendela

Ilustrasi jendela vinyl.SHUTTERSTOCK/VITALIY HRABAR Ilustrasi jendela vinyl.
Membiarkan panas tetap berada di dalam rumah dapat menyebabkan penumpukan uap air di udara yang meningkatkan kemungkinan timbulnya jamur, lumut, dan lembap pada dinding sera jendela, terutama di ruangan dengan kelembapan tinggi seperti dapur dan kamar mandi.

Angin-anginkan ruangan secara teratur dan pastikan ventilasi tetesan pada bingkai jendela tetap terbuka.

Ini adalah slot dengan penutup geser yang memungkinkan Anda membuka dan menutup ventilasi. Pastikan ventilasi tersebut tidak tertutup tirai dan kerai serta biarkan pintu internal tetap terbuka untuk membuatnya seefektif mungkin. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Menghilangkan Polusi Udara di Rumah

Masak lebih cerdas

Selanjutnya, cara meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.adalah mempraktikan cara memasak lebih cerdas. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com