Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Pengelolaan Sampah Digelar di Desa Wisata Edelweiss

Kompas.com - 21/09/2023, 13:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk memberikan dan menanam bibit edelweiss di Desa Wisata Edelweiss di Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (19/9/2023). Mereka juga melatih warga sekitar untuk mengelola tempat wisata yang mengedepankan zero waste demi mewujudkan pelestarian lingkungan.

Desa Edelweiss merupakan bagian dari potensi wisata Bromo yang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan Indonesia.

Selain itu, keunikan aspek budaya masyarakat Wonokitri yang selama ini dikenal sangat guyub, rukun, dan menyatu dengan harmoni alam menjadi bagian tak terpisahkan dari pesona Desa Wisata Edelweiss.

Baca juga: Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Bantuan Bibit Pohon Buah Diberikan di Pasuruan

Ilustrasi bunga edelweiss jawa (Anaphalis javanica). SHUTTERSTOCK/PINGERSTYLE STUDIO Ilustrasi bunga edelweiss jawa (Anaphalis javanica).

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) telah menganugerahi Desa Wisata Edelweiss dengan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Pemberian bibit Edelweiss diharapkan bisa terus menjaga kelestarian lingkungan serta memperkuat Desa Wonokitri sebagai kawasan wisata yang menarik bagi keluarga Indonesia.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat menuturkan, Sampoerna berkomitmen mendukung pengembangan ekonomi di Kabupaten Pasuruan melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center.

Ini termasuk di Desa Wisata Edelweiss yang masih terus menjaga kebudayaan serta sektor agribisnis.

Baca juga: Upaya Pelestarian Lingkungan lewat Pengelolaan Sampah di Bali Diapresiasi

Semua itu menjadi semangat dalam mempertahankan kebudayaan serta daya tarik wisata yang menyenangkan bagi keluarga Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com