Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Lakukan Kebiasaan yang Bikin Kecoak Masuk ke Rumah, Apa Itu?

Kompas.com - 18/09/2023, 16:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah salah satu hama serangga yang kehadirannya mengganggu dan dibenci di rumah. Namun, salah satu kesalahpahaman yang umum adalah kecoak hanya akan hadir di rumah kotor.

Faktanya, kecoak juga bisa hadir di rumah yang bersih. Selama masih ada jalan masuk berupa celah atau lubang, kecoak bisa merayap melewatinya dan masuk ke rumah, garasi, atau keduanya.

Dikutip dari House Digest, Senin (18/9/2023), walaupun kecoak dapat masuk ke dalam hampir semua bangunan, mereka tidak akan bertahan lama kecuali ada tiga hal, yakni makanan, air, dan tempat berlindung.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kecoak dari Rumah dengan Bahan Alami

Ilustrasi kecoak di rumah. SHUTTERSTOCK/RHJPHTOTOS Ilustrasi kecoak di rumah.

Meskipun mudah untuk memastikan tidak ada keran yang bocor atau makanan tergeletak di malam hari, ada hal lain yang harus Anda ingat yang mungkin menjadi penyebab kecoak masuk ke rumah, yakni kekacauan atau kondisi rumah berantakan.

Kekacauan sangat umum terjadi di banyak rumah. Mungkin dalam bentuk pakaian di lantai kamar tidur atau lemari gelap, atau dalam bentuk berbagai macam barang yang berserakan di lemari.

Kabar baiknya adalah barang-barang yang berantakan dapat dengan mudah dihindari atau dihilangkan dengan cukup cepat untuk mencegah kecoak masuk.

Mengapa kecoak tertarik pada kekacauan?

Kecoak membutuhkan tempat berlindung untuk bertahan hidup, sama seperti kita, dan mereka tidak pilih-pilih di mana menemukannya.

Baca juga: Cara Membasmi Kecoak dari Rumah dengan Kayu Manis

Artinya, jika kecoak berada di ruangan dengan tumpukan pakaian, majalah, dan barang lain yang berserakan di lantai, mereka punya banyak pilihan tempat bersembunyi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com