Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Ketenagakerjaan Sambut Positif Inisiatif Gravel Dorong Lapangan Pekerjaan di Sektor Konstruksi

Kompas.com - 23/08/2023, 15:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gravel—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jasa konstruksi—menghadiri pertemuan dengan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Pertemuan yang dihadiri co-founder dan CEO Gravel, Georgi Ferdwindra Putra, dan CPO Fredy Yanto itu berlangsung di Pelayanan Kesehatan Gratis yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan di Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Disnakertrans Jabar dan Gravel Indonesia Berkolaborasi Serap Pekerja Konstruksi di Jawa Barat

Pertemuan ini bertujuan mambahas upaya kolaboratif dalam membuka peluang kerja yang lebih luas bagi pekerja konstruksi atau tukang bangunan serta mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Dalam pertemuan ini, Ida Fauziyah memberikan dukungan dan apresiasi atas langkah-langkah yang telah diambil Gravel dalam membantu mengatasi masalah pengangguran dan memberikan lapangan pekerjaan bagi pekerja konstruksi di Indonesia.

Georgi mengatakan Gavel memiliki komitmen tinggi mendukung visi pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan dan memperkuat sektor ketenagakerjaan serta berupaya meningkatkan kualitas pekerja konstruksi. 

Baca juga: Ingin Membangun Rumah Kecil? Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu 

Aplikasi tukang bangunan yang diciptakan Gravel, Gravel dan Gravel Dulur, menjadi wadah yang mempertemukan antara pemilik proyek konstruksi dan tukang bangunan.

“Bersama Gravel, latar pendidikan tukang tidak menghalangi mereka mendapat pekerjaan dan di era teknologi maju, seperti sekarang ternyata tukang juga sudah fasih menggunakan teknologi," ucap Georgi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/8/2023).  

Hal ini terbukti,—dulur—panggilan tukang dan mitra Gravel, bisa mencari pekerjaan di aplikasi Gravel Dulur.

Sejak tukang bergabung sebagai mitra, Gravel memberikan edukasi dan sosialisasi kepada pekerja tukabg agar fasih menggunakan aplikasi untuk mencari pekerjaan. 

Baca juga: 5 Tip Memilih Bahan Bangunan Berkualitas Tinggi untuk Rumah Aman dan Nyaman

Bahkan, secara berkala, Gravel juga memberikan pelatihan secara rutin melalui pelatihan Gravel Terampil. Gravel juga menggandeng manufaktur dan pelaku industri konstruksi lainnya untuk memberikan pembekalan wawasan dan skill seputar pekerjaan konstruksi, termasuk teknik terbaru dalam aplikasi material bangunan.

Sejak 2019 hingga Agustus 2023, Gravel berhasil menyerap lebih dari 20 ribu tukang bangunan di 19 provinsi di Indonesia dengan merampungkan lebih dari 6.000 proyek konstruksi, dari pembangunan dan jasa renovasi rumah, gedung, fasilitas umum, hingga infrastruktur kota dan transportasi.

Diharapkan, setelah pertemuan Gravel dengan Menteri Ketenagakerjaan ini, semakin terbuka kesempatan dan pemerataan kerja bagi tukang bangunan di seluruh di Indonesia.

Gravel akan terus berdedikasi meningkatkan sumbangsih mendukung pemerintah, terutama dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja konstruksi dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com