Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh

Kompas.com - 22/08/2023, 09:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua kebun diberkahi dengan cahaya berjam-jam yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, termasuk tanaman sayur.

Namun, memiliki kebun yang teduh bukan berarti bisa menanam tanaman sayur. Kenyataannya, ada beberapa tanaman sayur yang tumbuh subur di tempat teduh

Baca juga: 10 Tanaman Sayur yang Tumbuh Cepat, Bisa Hemat Pengeluaran

Christopher O'Donoghue dari Gardens Revived mengatakan area yang terang atau memiliki sinar matahari memang membantu pertumbuhan tanaman sayur, tapi bukan suatu keharusan. 

"Semua orang mengira membutuhkan banyak sinar matahari dan kebun luas untuk menanam sayuran di rumah, tapi itu sama sekali tidak benar," katanya. 

Dengan sedikit TLC, Anda bisa mengubah tempat teduh yang tidak terpakai di kebun menjadi petak tanaman sayur kecil yang tumbuh subur. 

Christopher menambahkan keteduhan sebenarnya bisa menguntungkan untuk beberapa sayuran, terutama yang tidak tahan dengan cuaca panas.

Selain itu, bagi tukang kebun yang tidak punya banyak waktu, melindungi tanaman sayur dari sinar matahari akan mengurangi seberapa sering harus menyiram tanaman. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Selasa (22/8/20230, berikut tanaman sayur yang tumbuh subur di tempat teduh.  

Baca juga: 8 Tanaman Sayur dan Buah yang Tumbuh di Air, Apa Saja?

Sayuran berdaun hijau 

Ilustrasi selada hidroponik, menanam selada hidroponik. SHUTTERSTOCK/BANKRX Ilustrasi selada hidroponik, menanam selada hidroponik.
Christopher mengatakan sayuran hijau, seperti lobak Swiss, selada, bayam, dan kangkung, selalu menjadi pilihan tanaman sayur yang tumbuh subur di tempat teduh. 

Sayuran berdaun hijau tidak membutuhkan sinar matahari langsung dan cenderung cukup kuat. Jika mengatur waktu dengan baik, bisa menanamnya di luar dalam beberapa kelompok setiap beberapa minggu sehingga memiliki pasokan stabil sepanjang musim.

Bit

Menurut Christopher, sayuran akar berwarna-warni ini cenderung lebih menyukai cuaca sejuk, jadi tempat teduh parsial sangat ideal untuk menanamnya. 

"Secara pribadi, saya akan menanam sayuran bit di ambang jendela cerah atau di rumah kaca untuk memberi mereka awal yang baik, kemudian memindahkannya ke rumah baru yang teduh." 

Dia menambahkan, tanaman sayur bit memiliki rasa yang lezat, tapi jangan lupa daunnya juga bisa dimakan. Panenlah sayuran itu saat waktunya tiba.  

Baca juga: 7 Tanaman Sayur Ini Tidak Boleh Ditanam Bersama, Kenapa?

Lobak 

Tanaman lobakShutterstock/thala bhula Tanaman lobak
Christopher menjelaskan lobak adalah sayuran akar yang tumbuh cepat serta menjadi tanaman sayur yang tumbuh subur di tempat teduh.

Lobak termasuk dalam kategori sayuran yang cepat hidup, cepat mati. Artinya, memiliki musim tanam yang relatif singkat. Hal ini menjadikan lobal pilihan tepat untuk lahan sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com