Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Essential Oil Bisa Dipakai untuk Mencuci Pakaian, Begini Caranya

Kompas.com - 19/08/2023, 10:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak manfaat minyak esensial atau essential oil untuk kesehatan kita. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menggunakan essential oil untuk mencuci pakaian?

Dilansir Apartment Therapy, Sabtu (19/8/2023), menggunakan essential oil untuk mencuci pakaian adalah cara alami untuk mendapatkan aroma yang menyenangkan yang tidak akan mengganggu indra. Essential oil sangat bagus untuk cucian, memberikan aroma segar tanpa bahan kimia keras.

Manfaat terbesar menggunakan essential oil dalam cucian adalah Anda mendapatkan aroma segar pada pakaian tanpa menggunakan bahan kimia keras yang sering dikaitkan dengan sebagian besar produk cucian beraroma, kata Laurie Fulford, profesional binatu di layanan binatu Poplin.

Baca juga: 5 Essential Oil yang Bisa Redakan Sakit Kepala dan Cara Pakainya

Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri. PIXABAY/MONICORE Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri.

Juga kemasan essential oil sangat minim. Jadi, Anda mengurangi banyak sampah plastik yang dikemas dalam sebagian besar produk pencucian pakaian.

Minyak esensial yang Anda gunakan umumnya tergantung pada preferensi pribadi, tetapi ada beberapa yang biasanya disarankan oleh ahli binatu dan beberapa harus dihindari.

Essential oil yang bisa digunakan untuk mencuci pakaian

Ada beberapa essential oil yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian. Pertama, lavender yang memberikan efek menenangkan, meningkatkan relaksasi dan tidur yang lebih baik.

Kemudian, lemon yang menyegarkan dan membangkitkan semangat, dapat menghilangkan noda dan mencerahkan kulit putih, serta antibakteri. Ada pula bergamot yang memiliki sifat antibakteri.

Baca juga: 9 Cara Menggunakan Essential Oil untuk Membersihkan Rumah

Anda juga bisa menggunakan essential oil peppermint yang memberi energi, tea tree oil yang memiliki sifat antijamur dan antimikroba, eucalyptus yang menyegarkan dan memiliki sifat antimikroba, serta grapefruit dan minyak esensial jeruk lainnya yang menyegarkan.

Penting untuk diperhatikan bahwa essential oil dapat menodai pakaian jika Anda tidak berhati-hati. Beberapa dari mereka memiliki warna gelap atau kuning alami yang dapat meninggalkan bintik-bintik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com