Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Essential Oil Bisa Dipakai untuk Mencuci Pakaian, Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak manfaat minyak esensial atau essential oil untuk kesehatan kita. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menggunakan essential oil untuk mencuci pakaian?

Dilansir Apartment Therapy, Sabtu (19/8/2023), menggunakan essential oil untuk mencuci pakaian adalah cara alami untuk mendapatkan aroma yang menyenangkan yang tidak akan mengganggu indra. Essential oil sangat bagus untuk cucian, memberikan aroma segar tanpa bahan kimia keras.

Manfaat terbesar menggunakan essential oil dalam cucian adalah Anda mendapatkan aroma segar pada pakaian tanpa menggunakan bahan kimia keras yang sering dikaitkan dengan sebagian besar produk cucian beraroma, kata Laurie Fulford, profesional binatu di layanan binatu Poplin.

Juga kemasan essential oil sangat minim. Jadi, Anda mengurangi banyak sampah plastik yang dikemas dalam sebagian besar produk pencucian pakaian.

Minyak esensial yang Anda gunakan umumnya tergantung pada preferensi pribadi, tetapi ada beberapa yang biasanya disarankan oleh ahli binatu dan beberapa harus dihindari.

Essential oil yang bisa digunakan untuk mencuci pakaian

Ada beberapa essential oil yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian. Pertama, lavender yang memberikan efek menenangkan, meningkatkan relaksasi dan tidur yang lebih baik.

Kemudian, lemon yang menyegarkan dan membangkitkan semangat, dapat menghilangkan noda dan mencerahkan kulit putih, serta antibakteri. Ada pula bergamot yang memiliki sifat antibakteri.

Anda juga bisa menggunakan essential oil peppermint yang memberi energi, tea tree oil yang memiliki sifat antijamur dan antimikroba, eucalyptus yang menyegarkan dan memiliki sifat antimikroba, serta grapefruit dan minyak esensial jeruk lainnya yang menyegarkan.

Penting untuk diperhatikan bahwa essential oil dapat menodai pakaian jika Anda tidak berhati-hati. Beberapa dari mereka memiliki warna gelap atau kuning alami yang dapat meninggalkan bintik-bintik.

Clell Fowles, manajer senior ilmu kesehatan dan keamanan produk dengan Young Living Essential Oils, merekomendasikan untuk menghindari minyak dengan warna gelap alami seperti tansy biru, melati, dan kamomil Jerman, serta minyak dengan warna kuning alami seperti nilam, akar wangi, dan jeruk keprok.

Warna kekuningan akan memudar, kata Fowles, tetapi Anda tetap ingin melewatkan penggunaannya pada pakaian putih untuk berjaga-jaga.

Anda juga perlu mempertimbangkan hewan peliharaan saat memilih essential oil, karena beberapa di antaranya dapat menjadi racun bagi mereka.

Cara menggunakan essential oil untuk mencuci pakaian

Menambahkan minyak esensial ke cucian adalah proses yang cukup sederhana. Berikut cara menggunakan essential oil untuk mencuci pakaian.

1. Pilih essential oil

Pilih minyak esensial yang baunya menyenangkan bagi Anda, tidak akan menodai pakaian, dan tidak mengiritasi kulit Anda.

2. Lakukan uji tempel

Temukan sepetak kain tersembunyi di selembar pakaian dan oleskan setetes minyak. Biarkan selama satu menit dan kemudian bilas. Jika ada noda atau perubahan warna yang tertinggal, jangan gunakan minyak tersebut.

Anda juga ingin mengoleskan setetes minyak pada kulit untuk melihat apakah itu menyebabkan iritasi, dan jauhi itu juga.

3. Encerkan essential oil

Anda tidak boleh memasukkan minyak esensial langsung ke cucian tanpa mengencerkannya terlebih dahulu. Campurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial favorit Anda dengan setengah cangkir cuka putih atau deterjen tanpa pewangi, jelas Maria Mooney, direktur merek dan pakar kebersihan di Truly Free.

Pakar lain menyarankan untuk menggunakan hanya beberapa tetes. Ingat bahwa sedikit saja sudah cukup untuk minyak esensial.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes pelembut kain tanpa pewangi.

4. Tambahkan essential oil

Jika Anda telah menambahkan minyak esensial ke dalam wadah deterjen atau pelembut yang lebih besar, gunakan saja seperti biasa dan minyak akan menyebar ke seluruh beban cucian.

Jika Anda hanya ingin minyak untuk satu muatan, tambahkan beberapa tetes langsung ke air setelah mesin cuci terisi. Anda juga dapat menambahkannya selama siklus pembilasan.

5. Lakukan pembilasan ekstra

Anda perlu memastikan bahwa semua minyak telah dibilas dari pakaian sebelum memasukkannya ke dalam pengering, jadi lakukan siklus pembilasan tambahan. Kemudian selesaikan cucian seperti biasa.

Apakah essential oil bisa menimbulkan risiko pakaian terbakar?

Minyak esensial mudah terbakar, tetapi jika Anda menggunakannya dengan benar, Anda tidak perlu khawatir akan terbakar di cucian. Di mesin cuci, Anda tidak akan mengalami masalah karena air mengencerkan minyak.

Selain itu, sulit menyalakan api di tempat yang penuh air. Namun, Anda tidak boleh memasukkannya ke dalam pengering.

Minyak esensial dapat menyebabkan kebakaran pada pengering jika tidak dicuci seluruhnya, tutur Lisa Sharp, ahli kebersihan dan pemilik Retro Housewife Goes Green.

Mencuci pakaian dengan air panas dan menggunakan minyak esensial dalam jumlah yang sangat sedikit dapat mengurangi risikonya, tetapi pilihan terbaik adalah melapisi pakaian kering yang Anda gunakan dengan minyak esensial, imbuh Sharp.

Setelah selesai mencuci pakaian, Anda akan memiliki pakaian yang menyegarkan, sangat bersih, dan berbau harum untuk dikenakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/19/100900776/essential-oil-bisa-dipakai-untuk-mencuci-pakaian-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke