Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Essential Oil yang Dapat Membantu Meredakan Batuk

Kompas.com - 21/03/2022, 07:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan essential oil atau minyak esensial tidak hanya dapat mengharumkan ruangan. Essential oil juga dapat meredakan berbagai masalah kesehatan, termasuk batuk.

Dikutip dari Medical News Today, Senin (21/3/2022), beberapa minyak esensial atau essential okl dapat meredakan gejala batuk atau pilek dengan menenangkan tenggorokan, melawan bakteri, dan mengurangi peradangan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan semprotan hidung yang mengandung campuran ekstrak kayu putih, peppermint, oregano, dan rosemary dapat memperbaiki sakit tenggorokan, suara serak, dan gejala terkait batuk lainnya.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Essential Oil untuk Feng Shui yang Baik di Rumah

Ilustrasi essential oil, minyak esensial.PIXABAY/ASYOUWISH6 Ilustrasi essential oil, minyak esensial.

Ada banyak penyebab seseorang batuk, termasuk pilek, flu, atau infeksi dada. Essential oil dapat membantu menenangkan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir.

Komunitas medis cenderung melihat essential oil sebagai terapi alternatif pelengkap daripada pengobatan medis. Namun, essential oil ini harus digunakan dengan hati-hati, karena tidak ada pedoman yang disetujui tentang dosis atau kekuatan.

Berikut beberapa essential oil untuk meredakan batuk yang dapat digunakan dengan diffuser.

1. Eucalyptus atau kayu putih

Banyak orang menggunakan minyak ini tanpa menyadarinya. Uap atau obat gosok dada yang dijual bebas yang dipasarkan untuk menekan batuk sering kali mengandung minyak kayu putih.

Baca juga: Mendatangkan Keberuntungan ke Rumah dengan Essential Oil

Atau mungkin termasuk senyawa kunci minyak, yang disebut eucalyptol atau cineole.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alternative Medicine Review menemukan, eucalyptol memiliki efek antimikroba dan dapat melawan bakteri penyebab penyakit.

Eucalyptol juga dapat membantu mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan meredakan ketegangan otot yang dapat diakibatkan oleh pilek atau flu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com