Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Minyak dan Lemak di Dapur, Bisa Pakai Soda Kue

Kompas.com - 14/08/2023, 21:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memasak, noda minyak dan lemak bisa dengan mudah mengotori permukaan dapur. Bila tidak segera dibersihkan, noda minyak dan lemak bisa mengerak dan membandel, membuat pembersihan menjadi sulit.

Daripada menggunakan produk pembersih kimia yang dijual di pasaran, Anda bisa menggunakan bahan yang sudah ada di dapur untuk membersihkan noda minyak dan lemak. Beberapa di antaranya adalah baking soda atau soda kue dan sabun cuci piring.

Soda kue dan sabun cuci piring memiliki banyak kegunaan, mulai dari menyerap bau kulkas hingga membuat kaca berkilau. Namun, salah satu cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan mengatasi noda minyak dan lemak.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Minyak dari Lantai Beton

Ilustrasi membersihkan meja. SHUTTERSTOCK/HANANEKO_STUDIO Ilustrasi membersihkan meja.

Dikutip dari Apartment Therapy, Senin (14/8/2023), berikut cara menghilangkan noda minyak dan lemak di dapur.

1. Gunakan soda kue dan sabun cuci piring

Noda minyak bisa sulit untuk dibersihkan. Salah satu solusi terbaik adalah dengan menaburkan soda kue pada tumpahan minyak dan lemak.

Soda kue menyerap minyak, memungkinkan Anda menyapu atau menyendoknya tanpa melewati tumpukan besar kain lap atau handuk kertas.

Setelah sebagian besar kotoran terangkat, semprotan air yang dicampur dengan sabun cuci piring biasanya diperlukan untuk menembus lapisan minyak yang tersisa sehingga permukaan dapat dibersihkan secara menyeluruh.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Noda Minyak dari Pakaian

Soda kue dan sabun cuci piring juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi cipratan minyak pada pakaian dan kain lap, yang sering terjadi di dapur dan bahkan saat makan.

Mencuci dan mengeringkan pakaian dan kain lap yang terkena noda berminyak dapat membuat noda permanen, tetapi mengetahui cara menangani noda sebelum mencuci dapat menyelamatkan kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com