Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 13:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda minyak tak hanya mengotori atau menempel pada permukaan dapur, tapi juga bisa menempel pada pakaian.

Hal ini terjadi ketika asyik menikmati makanan berminyak seperti gorengan, pizza, mi goreng, hingga aneka masakan yang diolah dengan digoreng lainnya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak dari Peralatan Dapur dengan Mudah

Noda minyak yang menempel pada pakaian adalah noda paling buruk. Noda minyak dapat menembus serat sintetis seperti poliester, menjadi lebih gelap, dan semakin terlihat dari waktu ke waktu.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pencucian dengan tepat. Untungnya, cara menghilangkan noda minyak dari pakaian tidaklah sulit. Bahkan noda minyak yang sudah lama pun dapat dibersihkan. 

Nah, dikutip dari Southern Living, Selasa (7/2/2023), berikut sejumlah cara membersihkan noda minyak pada pakaian. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Celana Jeans

Cara menghilangkan noda minyak baru pada pakaian

Ilustrasi noda minyak atau saus pada pakaian.Shutterstock/HalynaRom Ilustrasi noda minyak atau saus pada pakaian.
Menurut Rebeccah Buurstra, mantan Brand Manager Maytag—peralatan dapur, mesin cuci, pengering, dan lainnya—cara menghilangkan noda minyak pada pakaian adalah bertindak sesegera mungkin. Berikut beberapa saran dari Buurstra yang perlu dilakukan. 

1. Sebelum mulai membersihkan pakaian, periksa label perawatan pakaian untuk mengetahui persyaratan khusus. Beberapa tekstil, seperti sutra atau kasmir, memerlukan perawatan khusus.

2. Kikis minyak berlebih dengan pisau mentega, lalu tepuk-tepuk perlahan dengan tisu atau kain putih bersih untuk menghilangkan minyak sebanyak mungkin.

Buurstra mengatakan menggunakan tisu kertas polos adalah yang terbaik. Menggunakan tisu dengan pola cetak dapat menyebabkan perpindahan warna ke pakaian. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian Menggunakan Soda Kue

3. Gosokkan sabun cuci piring cair dengan lembut ke noda dan diamkan selama 10 menit. Pastikan membilas residu sepenuhnya.

4. Cuci pakaian dengan mesin cuci, sabun cuci pekat seperti Swash, dan air hangat yang direkomendasikan pada label perawatan pakaian.

5. Setelah itu, jemur pakaian hingga kering. Buurstra mengatakan Anda tidak boleh mengeringkan pakaian yang terkena noda minyak atau lemak dengan mesin cuci karena partikel-partikel yang tersisa dapat memicu kebakaran di dalam mesin cuci jika terlalu panas.

Dia juga mengatakan jika ada noda yang tersisa, panas dari pengering akan menempel pada kain.

6. Ulangi langkah-langkah di atas bila noda minya masih ada atau belum benar-benar menghilang.  

Baca juga: 3 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Cara membersihkan noda minyak lama pada pakaian

Cara menghilangkan noda minyak goreng pada pakaianFREEPIK.COM/RACOOL_STUDIO Cara menghilangkan noda minyak goreng pada pakaian
Noda minyak lebih mudah dihilangkan dari pakaian jika mengatasinya sesegera mungkin, tetapi terkadang hal itu tidak memungkinkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com