Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setrika Uap Vs Steamer Baju, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Kompas.com - 03/08/2023, 12:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setrika adalah peralatan elektronik rumah tangga yang sangat bermanfaat untuk memastikan pakaian bebas kerut. Ada banyak jenis setrika yang dijual di pasaran, beberapa di antaranya adalah setrika uap dan steamer.

Kedua perangkat ini tersedia secara umum dan mudah digunakan, tetapi bekerja dengan cara yang berbeda, dengan hasil yang berbeda pula.

Bergantung pada kebutuhan individu, pilihan terbaik tidak akan sama untuk setiap orang. Berikut perbedaan setrika uap dan steamer baju, serta pilihan terbaik sesuai kebutuhan Anda, dikutip dari Tom's Guide, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Kenapa Setrika Tidak Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi steamer, steamer pakaian. SHUTTERSTOCK/ESTRADA ANTON Ilustrasi steamer, steamer pakaian.

Perbedaan setrika uap dan steamer baju

Sekilas, steamer baju dan setrika uap memiliki banyak kesamaan. Keduanya adalah perangkat genggam yang menyebarkan panas untuk menghaluskan kain dan menghilangkan kerutan atau kerutan yang tidak diinginkan.

Namun, keduanya bekerja dengan cara yang berbeda. Meskipun kedua alat menggunakan uap, fungsi steamer pakaian sedikit berbeda dengan setrika uap.

Steamer baju menggunakan panas dan kelembapan untuk menghaluskan kain, diambil dari reservoir air terpasang yang dipanaskan hingga suhu yang disetel.

Setrika uap menggunakan panas dan tekanan dari pelat logam di sepanjang bagian bawah yang dihangatkan oleh listrik untuk mencapai efek yang sama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak pada Setrika, Pakai Cuka dan Baking Soda

Steamer pakaian tidak melakukan kontak langsung dengan kain dan sebaliknya mengarahkan uap panas ke arahnya, mengurangi risiko kerusakan akibat panas tetapi mempersulit untuk menargetkan area tertentu.

Sementara itu, setrika uap menyentuh dan bergerak melintasi permukaan bahan, menjadikannya pilihan tepat untuk kain dengan lipatan tajam atau kain yang lebih kuat, tetapi juga cenderung merusak bahan yang lebih halus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com