Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memasukkan Nuansa Coklat ke Dekorasi Ruangan

Kompas.com - 28/07/2023, 19:38 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coklat menjadi salah satu warna yang digunakan dalam desain dan dekorasi ruangan. Dengan spektrum luas, coklat menawarkan cakupan luas untuk menciptakan berbagai tampilan.

Edward Bulmer, desainer interior sekaligus pendiri Edward Bulmer Natural Paints, mengatakan coklat adalah warna yang kuat dan hangat, tetapi tetap menghormati warna-warna lain terlepas dari tingkat kepekatannya.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Taupe

Namun, ketika memasukannya ke dekorasi rumah, perlu berhati-hati menggunakannya. Untuk menghindari kesalaha, dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (28/7/2023), berikut sejumlah cara memasukan nuansa coklat ke dekorasi ruangan. 

Gunakan sebagai latar belakang untuk dekorasi barang antik

Warna coklat yang hangat adalah cara bagus menghadirkan nuansa mengundang pada ruang tamu. Coklat juga bisa digunakan sebagai latar belakang yang indah untuk mendekorasi karya sendi dan barang antik.

Padukan dengan pola dan tekstur

Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding coklat. SHUTTERSTOCK/JAFARA Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding coklat.

Jika ingin mendekorasi ruangan dengan furnitur berwarna dan kain bermotif indah, coklat dapat menjadi landasan yang indah untuk memamerkannya.

"Sebagai warna polikromatik, coklat cocok dengan segala hal. Namun, dalam warna yang lebih dalam, coklat sangat bagus menonjolkan pola-polaindah dan menarik," kata Edward Bulmer.

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding yang Cocok Dipadukan dengan Furnitur Cokelat

Hangatkan warna cokelat dengan warna terakota

Justyna Korczynska, senior desainer di Crown, mengatakan warna coklat sangat cocok dipadukan dengan warna-warna netral yang lembut, seperti terakota dan cream. 

Sebagai contoh, dinding coklat menghadirkan kesan anggun dan mengundang serta menjadi dasar indah untuk tenun ikat terakota.

Wallpaper coklat yang terinspirasi dari alam

Ruang makan yang digunakan untuk menjamu dapat menjadi ruang yang cocok untuk menampilkan wallpaper dekoratif.

Memilih motif yang terinspirasi dari alam dengan warna coklat bersahaja cocok untuk menciptakan tampilan santai, tetapi tetap menarik.

Contohnya, wallpaper berwarna taupe dengan motif bambu dapat menghadirkan pola halus tanpa terlihat berlebihan.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Cokelat, Hangat dan Nyaman

Menghadirkan warna cokelat dengan kayu

Menghadirkan permukaan dan furnitur kayu adalah cara bagus ekorasi ruangan dengan warna coklat.

Baik Anda menyukai sentuhan akhir rustic maupun perabotan antik yang dipernis, furnitur kayuberwarna coklat akan membawa tekstur indah ke ruangan mana pun, bahkan bisa digunakan di kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com