Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2023, 10:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim kemarau atau cuaca panas adalah menjadi waktu terbaik merawat tanaman, tanaman bunga bermekaran, serta panen berlimpah yang siap dipetik dan dikonsumsi. 

Namun, semua hal tersebut bisa terhalang apabila gelombang panas ekstrem melanda. Bersamaan dengan sinar matahari dan cuaca panas tiba, sejumlah masalah pun muncul di kebun. 

Baca juga: 6 Masalah yang Dihadapi Kebun Saat Cuaca Panas

Meski tanaman adalah makhluk yang tahan banting, tanaman masih bisa berjuang dalam panas dan kelembapan ekstrem.

Cuaca panas ekstrem sudah tentu membuat tanaman menjadi kering, bahkan mati. Masalah ini dapat membuat frustrasi, bahkan tukang kebun paling tabah sekalipun.

Demi mencegah tanaman kering serta mati, berikut cara melindungi kebun dari cuaca panas ekstrem dilansir dari Family Handyman, Senin (24/7/2023). 

Siram lebih awal, sering menyiram tanaman 

Ilustrasi menyiram tanaman.SHUTTERSTOCK/AUDIO UND WERBUNG Ilustrasi menyiram tanaman.
Panas yang menyengat akan membuat tanaman sangat haus. Usahakan menjaga tingkat kelembapan yang konsisten di tanah dengan menyiram tanaman sedikit lebih sering dari biasanya.

Cobalah menyiram tanaman lebih awal pada pagi hari untuk mencegah tanaman melepuh karena panas dan angin menyapu air penyiram.

Jika penyiraman ini terasa terlalu berat, pertimbangkan memasang saluran tetes untuk pengairan yang dalam dan teratur.

Perhatikan tanaman dalam pot akan menguras air lebih cepat daripada tanaman di dalam tanah, jadi pastikan memberi tanaman sedikit kasih sayang. 

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Kebun, Cocok untuk Pemula

Terapkan mulsa

Selanjutnya, cara melindungi kebun dari cuaca panas ekstrem adalah menerapkan mulsa. Mulsa dapat menyelamatkan tanaman dari stres berlebihan karena panas.

Lapisan setebal 2,5 sampai lima sentimeter dapat menjaga kelembapan, mpangkal tanaman tetap sejuk, bahkan  memantulkan sinar matahari.

Daun-daun yang sudah diparut, potongan rumput, serta jerami dan serpihan kayu akan melindungi tanaman dengan baik.

Hanya saja, jangan menumpuknya terlalu banyak di dekat pangkal pohon karena dapat menyebabkan pembusukan akar.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Kelembapan, Aglonema hingga Anggrek

Menaungi tanaman 

Ilustrasi merawat tanaman di kebun atau berkebun.Shutterstock/goffkein.pro Ilustrasi merawat tanaman di kebun atau berkebun.
Jika tanaman adalah varietas yang mendapat sinar matahari penuh, letakkan di area teduh. Pindahkan tanaman kontainer di bawah tenda, layar peneduh, atau tanaman yang lebih besar, seperti pohon, untuk memberikan keteduhan yang paling dapat diandalkan.

Untuk tanaman di dalam tanah, cobalah menambahkan kain peneduh yang murah untuk menghalangi hingga 90 persen sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com