Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa Jendela, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 15/07/2023, 11:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika cuaca panas, banyak pemilik rumah memilih untuk membuka jendela dan menikmati angin masuk ke dalam ruangan. Akan tetapi, bagaimana dengan ruangan tanpa jendela atau jika jendela tidak bisa dibuka?

Dikutip dari Homes & Gardens, Sabtu (15/7/2023), ada banyak cara mendinginkan ruangan, bahkan ruangan tanpa jendela. Anda hanya membutuhkan sedikit kecerdikan.

Jika Anda memiliki AC di rumah, menyalakannya adalah langkah pertama yang logis. Namun demikian, pastikan filter AC bersih.

Baca juga: 8 Cara Mendinginkan Kamar Tidur Tanpa AC

Ilustrasi suhu panas, cuaca panas di rumah. Kipas angin membantu mengurangi udara panas, membuat keringat cepat menguap dan menjaga udara tetap sejuk.SHUTTERSTOCK/STUDIO ROMANTIC Ilustrasi suhu panas, cuaca panas di rumah. Kipas angin membantu mengurangi udara panas, membuat keringat cepat menguap dan menjaga udara tetap sejuk.

Pastikan saluran udara internal di rumah Anda juga bersih dan bebas dari penghalang, untuk membantu aliran udara dingin, saran Lane Dixon, VP operasi dan pakar kualitas udara di Aire Serv.

Berikut beberapa cara mendinginkan ruangan tanpa jendela yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Berinvestasi pada AC portabel

Jika Anda tidak memiliki AC, maka AC portabel bisa menjadi solusi. Dari semua jenis AC, ini yang terbaik untuk ruangan kecil atau sempit. 

Dengan AC portabel, Anda tidak perlu mendinginkan seluruh rumah sekaligus, menawarkan cara yang ramah lingkungan untuk menjaga ruangan tetap dingin sambil membantu Anda menghemat uang di rumah.

Baca juga: Trik Mendinginkan Ruangan Tanpa Menyalakan AC

Perangkat ini berisi kompresor, yang bertanggung jawab untuk mendinginkan udara, dan selang yang mengarah ke port ventilasi dan, meskipun AC portabel bisa sedikit bising, ini adalah metode yang efektif untuk mengurangi suhu dan kelembapan di ruangan, ujar Erica Frecundo, spesialis bangunan rumah mungil di Hauslein.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com