Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kipas Angin Tidak Mampu Mendinginkan Suhu Ruangan?

Kompas.com - 09/08/2021, 12:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain penggunaan pendingin ruangan atau air conditioner (AC), untuk menurunkan suhu yang panas, beberapa orang menggunakan kipas angin.

Akan tetapi, tak seperti cara kerja AC yang bisa mendinginkan ruangan dengan cepat, kipas angin bahkan dianggap tidak mampu mendinginkan ruangan jika suhu di luar ruangan sangat tinggi.

Sepeti yang dilansir dari Wqad, Senin (9/8/2021), kipas angin hanya bisa digunakan ketika suhu udara luar lebih dingin daripada di dalam ruangan. Adapun kipas angin di jendela atau exhaust fan dapat meniupkan udara yang lebih dingin ke dalam ruangan dari luar.

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung dengan Baking Soda dan Cuka

Karena kipas tidak benar-benar mendinginkan udara, arus udara yang mengalir di atas tubuh harus lebih dingin daripada kulit Anda untuk mengontrol suhu inti tubuh.

Ilustrasi penggunaan kipas angin. SHUTTERSTOCK Ilustrasi penggunaan kipas angin.
Sementara itu, melansir dari Time.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), memperingatkan bahwa ketika suhu mencapai 32 derajat Celcius, kipas angin tidak membantu menurunkan suhu dan mendinginkan tubuh manusia.

Badan Perlindungan Lingkungan AS merekomendasikan agar orang tidak menggunakan kipas saat suhu indeks panas, yakni kombinasi suhu dan kelembapan naik di atas 37 derajat Celcius.

Akan tetapi ketika suhu semakin tinggi, jika kering maka kipas angin semakin kurang berguna dan berpotensi merugikan dan tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung Tanpa Membuat Kotor Ruangan

Memaksimalkan penggunaan kipas angin

Meskipun kipas angin tidak bisa membantu menurunkan suhu di dalam ruangan, cara terbaik untuk menggunakan kipas angin di hari-hari yang panas adalah seperti berikut ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com