Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa Jendela, Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika cuaca panas, banyak pemilik rumah memilih untuk membuka jendela dan menikmati angin masuk ke dalam ruangan. Akan tetapi, bagaimana dengan ruangan tanpa jendela atau jika jendela tidak bisa dibuka?

Dikutip dari Homes & Gardens, Sabtu (15/7/2023), ada banyak cara mendinginkan ruangan, bahkan ruangan tanpa jendela. Anda hanya membutuhkan sedikit kecerdikan.

Jika Anda memiliki AC di rumah, menyalakannya adalah langkah pertama yang logis. Namun demikian, pastikan filter AC bersih.

Pastikan saluran udara internal di rumah Anda juga bersih dan bebas dari penghalang, untuk membantu aliran udara dingin, saran Lane Dixon, VP operasi dan pakar kualitas udara di Aire Serv.

Berikut beberapa cara mendinginkan ruangan tanpa jendela yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Berinvestasi pada AC portabel

Jika Anda tidak memiliki AC, maka AC portabel bisa menjadi solusi. Dari semua jenis AC, ini yang terbaik untuk ruangan kecil atau sempit. 

Dengan AC portabel, Anda tidak perlu mendinginkan seluruh rumah sekaligus, menawarkan cara yang ramah lingkungan untuk menjaga ruangan tetap dingin sambil membantu Anda menghemat uang di rumah.

Perangkat ini berisi kompresor, yang bertanggung jawab untuk mendinginkan udara, dan selang yang mengarah ke port ventilasi dan, meskipun AC portabel bisa sedikit bising, ini adalah metode yang efektif untuk mengurangi suhu dan kelembapan di ruangan, ujar Erica Frecundo, spesialis bangunan rumah mungil di Hauslein.


Menurut Frecundo, AC portabel juga memiliki manfaat tambahan karena dapat dipindahkan dari kamar ke kamar, menjadikannya pilihan yang sangat serbaguna.

2. Atur kipas angin gantung berlawanan arah jarum jam

Jika Anda memiliki kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit, mengubah arah kipas untuk mendinginkan ruangan adalah cara yang efektif untuk menarik udara sejuk ke dalam ruangan, dan menarik udara hangat menjauh dari Anda, ujar Dixon.

Sirkulasi bilah kipas berlawanan arah jarum jam saat cuaca panas mendorong udara dingin ke lantai, menghasilkan efek angin dingin pada kulit dan membuat ruangan terasa hingga delapan derajat lebih dingin daripada yang ada di bawahnya, tutur dia.

Kipas angin gantung juga membantu AC, mendistribusikan kembali udara yang sudah dingin, dan mengurangi kebutuhan akan AC yang konstan, ungkap Dixon.

3. Kurangi sumber panas

Di ruangan tanpa jendela, penting untuk membatasi jumlah panas yang dihasilkan agar pilihan pendinginan Anda lebih efektif.

Untuk melakukan ini, Anda harus mematikan peralatan elektronik yang tidak perlu, memilih peralatan hemat energi yang cenderung mengeluarkan energi melalui panas, dan mematikan lampu atau beralih ke bohlam hemat energi, saran Ben Green, pakar HVAC dan pendiri Green Leaf Air.

Dalam kasus kamar mandi kecil tanpa jendela, menghindari mandi air panas juga disarankan, pun membiarkan exhaust fan kamar mandi bekerja untuk mengeluarkan udara lembap.

Anda dapat memaksa udara panas keluar ruangan dengan memposisikan kipas angin miring ke arah pintu terbuka. Ini akan mengeluarkan udara panas sekaligus menciptakan aliran selip yang sejuk.

Anda dapat membuat proses ini lebih mudah dengan meningkatkan ventilasi di ruangan dengan membuka jendela di mana Anda bisa, memastikan saluran ventilasi bersih dari penghalang, dan mengurangi sumber panas dengan mematikan elektronik, atau menggunakan alternatif hemat energi.

Lebih baik pintu terbuka atau pintu tertutup saat cuaca panas?

Saat cuaca panas, yang terbaik adalah membiarkan pintu terbuka untuk memungkinkan aliran udara dan kelembapan rumah, membuat Anda merasa lebih sejuk dan mencegah ruangan terasa pengap.

Jika Anda tidak dapat membuka pintu karena alasan apa pun, coba buka jendela, atau gunakan dehumidifier atau air purifier agar udara di dalam ruangan tetap mengalir.

Juga merupakan ide bagus untuk membuka jendela di kamar yang berdekatan dan menempatkan kipas angin di dekatnya untuk membantu meniupkan udara luar yang sejuk ke dalam ke seluruh rumah. Jika dikombinasikan dengan teknik pendinginan lainnya, ruangan akan terasa lebih nyaman dalam waktu singkat.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/15/110400376/cara-mendinginkan-ruangan-tanpa-jendela-mudah-dilakukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke