Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Alami Mendinginkan Rumah Tanpa AC Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 06/08/2021, 22:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga rumah tetap sejuk selama hari-hari panas atau saat musim panas bisa menghabiskan biaya mahal.

Pasalnya, saat cuaca panas, banyak orang yang memilih cara termudah untuk mendinginkan atau menyejukkan rumah dengan menyalakan AC.

Penggunaan AC yang meningkat selama cuaca panas ini tentu membuat tagihan listrik turut melonjak, yang akhirnya dompet menjadi bengkak. 

Baca juga: Cara Mengatur Suhu AC agar Lebih Dingin dan Hemat Energi

Lantas, bagaimana cara mendinginkan rumah tanpa AC?

Sebetulnya, ada banyak cara membuat rumah tetap sejuk dan dingin saat cuaca panas tanpa harus menyalakan AC seperti menggunakan kipas angin dan membuka ventilasi udara di rumah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini empat cara alami mendinginkan rumah tanpa AC saat cuaca panas dikutip dari American Home Shield, Jumat (6/8/2021). 

Baca juga: Tips Menyetel AC untuk Tidur yang Nyaman dan Tidak Terlalu Dingin 

Menanam pohon

Salah satu cara paling cerdas menjaga rumah tetap sejuk adalah menanam pohon di halaman rumah, tepatnya pada area paling bersinar di rumah Anda.

Saat tumbuh besar, pohon akan memberikan banyak naungan yang menyejukkan. Begitu pun ketika musim dingin, pohon akan membiarkan matahari masuk untuk membantu menghangatkan rumah.

Menurut USDA Forest Service, dengan memiliki pohon pada area yang tepat, Anda dapat mengurangi kebutuhan AC hingga 30 persen. Selain itu, Anda perlu menanam semak untuk menjaga bagian bawah rumah tetap teduh. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Ruangan Tetap Dingin Setelah AC Dimatikan

Gunakan jendela dengan bijak

Pada siang hari, cara mendinginkan rumah tanpa AC adalah menutup jendela dan tirai agar udara panas di luar tidak masuk ke ruangan.

Tirai reflektif, pelindung matahari, atau daun jendela juga merupakan cara efektif mencegah sinar matahari masuk dan memanaskan ruangan.

Sebaliknya, pada malam hari buka jendela dan tirai guna membiarkan udara malam yang lebih sejuk masuk ke rumah serta menikmati angin musim panas yang menyegarkan.

Pertimbangankan juga memasang ventilasi atap untuk ventilasi loteng dan membantu melepaskan panas dari dalam rumah ke luar. 

Baca juga: Ruangan Tidak Dingin Meskipun Pakai AC? Ini Penyebabnya 

Jauhkan panas dari dapur

Meski berada di dapur, kompor dapat menyebarkan banyak panas ke berbagaai ruangan di rumah. Jadi, cobalah memasak di luar ruangan saat memasak dengan metode pemanggangan.

Hal ini akan membantu menjaga dapur dan area sekitar rumah lebih nyaman dan sejuk selama bulan-bulan musim panas.

Selain itu, hindari menggunakan oven pemanggang roti atau siklus pengeringan pada mesin pencuci piring karena dapat meningkatkan panas di dapur.  

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Dingin Meski Tanpa AC 

Dinginkan dengan kipas plafon 

Kipas plafon atau langit-langit adalah cara mendinginkan rumah tanpa AC selama musim panas. Apalagi biaya penggunaan kipas angin jauh lebih kecil dibanding AC. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba membuka pintu ruang bawah tanah dan letakkan kipas angin lantai di dekatnya untuk menarik udara yang lebih dingin ke lantai utama. Ini juga akan membantu menurunkan suhu selama musim panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ahs
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com