Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menciptakan Kamar Tidur Anak yang Aman dan Menarik

Kompas.com - 11/07/2023, 18:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur anak adalah salah satu ruangan penting di rumah. Hal ini karena kamar tidur menjadi ruangan anak mulai berinteraksi dengan dunia.

Inilah sebabnya, sebagai orang tua, kita berusaha menjadikan kamar tidur anak menjadi ruangan paling indah dan penuh warna di rumah. Namun, perlu juga mempertimbangkan keamanan saat mendekorasi kamar tidur anak

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki yang Menarik dan Menyenangkan

Merencanakan dekorasi di rumah sering kali hanya didasarkan pada keindahan, bukan  fungsionalitas. Hal ini dapat memberikan kita ruang yang kontraproduktif dalam hal keamanan.

Selain itu, seiring pertumbuhan anak-anak, risiko kecelakaan juga meningkat. Untuk itu, cara mendistribusikan benda-benda, furnitur, dan mainan harus menjadi hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan ide-ide. 

Nah, dilansir dari Decor Tips, Selasa (11/7/2023), berikut cara menciptakan kamar tidur anak yang aman dan menarik.  

Baca juga: 9 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Harus Dihindari

Penyimpanan kamar tidur bayi 

Ilustrasi kamar tidur anak.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur anak.
Ketika anak mulai berjalan dan bergerak secara mandiri, keberadaan furnitur dapat menimbulkan risiko, terutama ketika cenderung menggunakannya sebagai penopang untuk berdiri atau mengambil langkah pertama.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengamankan semua perabotan ke dinding guna mencegah dan menghindari terjatuh menimpa anak.

Selain itu, pilih furnitur dengan sudut membulat untuk menghindari benturan dan luka. Pastikan juga semua pintu dan laci lemari tidak mudah dibuka.

Pertimbangkan menggunakan beberapa mekanisme penutupan yang aman untuk anak.

Jika ingin menciptakan kamar tidur anak yang aman, Anda harus menghindari membebani kamar tidur dengan mainan, perabotan, atau benda-benda lainnya.

Dengan melakukan hal ini, anak kecil kemungkinannya menghadapi rintangan yang akan menghalangi pergerakannya. 

Baca juga: 6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Minimalis

Singkirkan godaan

Selanjutnya, cara menciptakan kamar tidur anak yang aman dan menarik adalah menyingkirkan godaan. Kamar tidur anak merupakan dunia baru bagi si kecil, yang sering kali didorong rasa ingin tahu dan akan berusaha menjelajahi setiap jengkalnya.

Proses penemuan ini juga berarti stopkontak dan soket listrik menjadi godaan nyata bagi si kecil. Jadi, penting bagi benda-benda berbahaya tidak berada dalam jangkauan anak-anak. 

Karena hal ini tidak selalu memungkinkan, Anda harus menutupinya dengan furnitur agar tidak terlihat atau membeli dan memasang penutup pengaman. 

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Mendekorasi Kamar Tidur Kecil

Sediakan mainan dan benda-benda dekoratif 

Ilustrasi kamar tidur anak.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi kamar tidur anak.
Saat membuat dan menciptakan kamar tidur anak, biasanya Anda lupa memperhitungkan peran mainan serta benda-benda dekoratif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com