Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2023, 21:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya Skandinavia mengingatkan kita pada ruang yang sangat luas, segar, sejuk, dan penuh cahaya.

Desain Skandinavia sepenuhnya menolak dominasi warna-warna hangat serta elemen eksotis apa pun. Namun, dalam beberapa hal, gaya Skandinavia mirip dengan gaya dekoratif Mediterania. 

Baca juga: Mengenal Desain Skandinavia dan Sejarahnya hingga Populer di Dunia

Inspirasinya berasal dari Eropa utara, yakni negara Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, juga Islandia.  Dengan kata lain, dari negara-negara yang terhubung ke Laut Baltik.

Tempat-tempat ini memiliki karakteristik dekorasi tradisional yang serupa, terutama rumah-rumah yang terletak di daerah perdesaan dan terpencil.

Dalam lingkungan desain Skandinavia, Anda akan merasakan kesejukan, kesegaran, dan kebersihan. Tidak ada ketidaknyamanan atau beban berlebihan. Sebaliknya, ruang-ruangnya terasa lebih luas. 

Desain Skandinavia juga menerapkan keseimbangan organik dengan elemen-elemen penting digabungkan untuk mendapatkan tampilan alami.

Untuk melakukan ini, Anda harus menggunakan sumber daya dekoratif tertentu yang mungkin tidak pernah dibayangkan akan digunakan di rumah.

Dalam hal ini, Anda akan menggunakan kayu, tanaman, dan kombinasi warna untuk mendapatkan tampilan gaya Skandinavia yang sederhana, bersih, serta alami. 

Nah, dikutip dari Decor Tips, Selasa (27/6/2023), berikut cara menerapkan keseimbangan organik ke dalam gaya Skandinavia.   

Baca juga: 7 Prinsip Desain Lagom yang Membuat Rumah Skandinavia Lebih Bahagia

Lantai kayu

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.
Untuk mencapai konsep organik desain Skandinavia, Anda harus mempertimbangkan lantai adalah tolok ukur yang akan memberikan kealamian. Karena itu, sangat penting memiliki lantai kayu di rumah Skandinavia. 

Hal ini karena lantai kayu dapat menciptakan kontras dengan warna lain, baik gelap maupun terang. Dianjurkan menggunakan warna lebih terang untuk mendapatkan desain Skandinavia dan memberikan dinamisme lebih besar.

Anda bisa membiarkan sebagian besar lantai kayu tidak tertutup. Namun, jika memutuskan menggunakan karpet, pastikan karpet tersebut berukuran kecil atau sedang.

Pastikan karpet tersebut terdiri atas warna netral sehingga tidak mengalihkan fokus dari lantai. 

Baca juga: 7 Ide Menciptakan Kamar Tidur Bergaya Skandinavia

Kombinasi warna dalam desain Skandinavia

Selanjutnya, cara menerapkan keseimbangan organik ke dalam gaya Skandinavia adalah mengombinasikan warna.

Anda mungkin bertanya-tanya warna apa yang harus mendominasi di lingkungan Skandinavia. Pada dasarnya, Anda harus mencapai keseimbangan dan harmoni. Jika tidak, Anda akan menyimpang dari desain Skandinavia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com