Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2023, 13:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Rumah Skandinavia sering kali diasumsikan dengan warna serba putih, baik pada dinding, furnitur, maupun elemen dekorasi lainnya. 

Mendapatkan tampilan dinding serba putih dan warna minimal adalah pilihan tepat karena gaya Skandinavia menyukai tampilan bersih dan segar.  

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Rumah Bergaya Skandinavia dengan Tanaman

Ini adalah nuansa alam yang memiliki pengaruh besar pada warna serta bahan yang digunakan di dalam rumah Skandinavia.

Gaya Skandinavia berpegang pada bahan alami, penggunaan palet warna kalem, dan keahlian baik menetapkan standar tinggi dalam hal desain interior.

Desain Skandinavia adalah tentang merangkul apa yang telah diberikan alam kepada kita. Misalnya, menggunakan material kayu untuk furnitur, kulit lembut seperti mentega untuk pelapis atau perabotan, wol, linen, dan katun untuk tempat tidur dan tekstil agar benar-benar merangkul elemen-elemen indah yang diberikan alam.

Palet warna Skandinavian juga sepenuhnya terinspirasi dari warna-warna alami yang ditemukan di hutan dan lanskap. 

Baca juga: 7 Ide Menerapkan Gaya Skandinavia di Rumah, Hadirkan Suasana Tenang 

Namun, selain putih, ada beberapa warna yang baik dan cocok untuk rumah Skandinavia. Paling penting adalah warna-warna tersebut harus menghadirkan ketenangan dan ketentraman yang sering ditemukan di dalam rumah Skandinavia.

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens Australia dan Nook & Find, Rabu (21/6/2023), berikut sejumlah warna terbaik untuk rumah Skandinavia selain putih.

Hijau hutan 

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.
Warna hijau yang kaya ini menawarkan keseimbangan sempurna antara warna yang sedang tren, tapi tetap terasa abadi.

Gunakan bantal hijau hutan, selimut atau selimut linen ke dalam skema interior Anda dan akhiri dengan tanaman dedaunan hijau tua untuk melengkapi transformasi hutan.

Baca juga: Mengenal Sejarah Arsitektur Skandinavia yang Kini Mendunia 

Oranye burnt

Warna oranye burnt atau terbakar perdesaan menambahkan sentuhan kehangatan seketika pada ruangan mana pun. Tingkatkan taruhan dengan membeli peralatan rumah tangga berwarna oranye menyala dengan bahan beludru atau sofa berwarna oranye menyala.

Biru muda

Selanjutnya, warna terbaik untuk rumah Skandinavia adalah adalah biru muda. Lapisan warna biru muda dengan dasar sejuk akan membuat rumah terasa seperti musim dingin.

Warna biru muda juga mudah dipadukan dengan warna lain. Padukan biru dengan wputih dan hitam untuk mendapatkan palet yang kuat dan kontras pada rumah Skandinavia.   

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menerapkan Gaya Skandinavia di Rumah

Dusty pink 

Dusty pink adalah warna andalan di rumah Skandinavia selain putih. Dusty pink hampir berfungsi sebagai warna netral berkat kemampuannya beradaptasi dengan hampir semua warna.

Untuk tampilan Skandinavia yang optimal, padukan dusty pink dengan kayu mudah, bulu abu-abu, dan aksen abu-abu arang. Tambahkan aksesori berwarna putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com