Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2023, 18:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui kombinasi fungsionalitas dan estetika minimalis, desain interior Skandinavia menonjolkan penggunaan elemen dan bahan alami terbaik dengan fokus pada pencahayaan, kayu, warna-warna kalem, dserta perabotan fungsional.

Pendekatan desain interior yang mengagumkan ini dimulai pada 1950-an dalam aliran modernisme serta telah menjadi tren modern di seluruh dunia. 

Baca juga: 6 Pilihan Warna Interior Gaya Skandinavia, Ciptakan Nuansa Teduh

Hubungan dengan alam, keseimbangan bentuk abstrak, dan persepsi untuk memaksimalkan ruang melalui kontras warna yang harmonis juga aksen dekoratif adalah aspek-aspek dari desain Skandinavia.

Ketika elemen-elemen ini bersatu, gaya Skandinavia memiliki kekuatan untuk mengubah lingkungan menjadi ruang yang mengundang dan damai, tetapi mencapai gaya yang berbeda dan bersih lebih sulit daripada yang terlihat.

Dikutip dari Rhythm of the Home, Senin (12/6/2023), berikut cara mendekorasi ruangan dengan gaya Skandinavia

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Skandinavia yang Hangat dan Lapang

Gunakan berbagai bentuk pencahayaan

Ilustrasi interior rumah bergaya Skandinavia.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi interior rumah bergaya Skandinavia.
Mengingat wilayah negara-negara Skandinavia hanya memiliki tujuh jam siang hari selama bulan-bulan musim dingin, para penghuni kegelapan ini telah menguasai penggunaan cahaya di seluruh ruman mereka.

Sementara cahaya lilin menambahkan kerlip alami di sekelilingnya untuk memanfaatkan berbagai bentuk pencahayaan guna menerangi area tertentu dan seluruh ruang.

Lampu lantai berdesain industrial tidak hanya menghemat ruang, tapi juga memberikan Anda kontrol mudah atas arah dan nada pencahayaan.

Atribut ini menjadikannya pilihan sempurna untuk diletakkan di samping bingkai tempat tidur atau di belakang kursi cinta, lokasi Anda perlu sering menyesuaikan cahaya. 

Baca juga: 7 Prinsip Desain Interior Skandinavia yang Perlu Diketahui

Pilih furnitur yang menyatukan bentuk dan fungsi 

Selanjutnya, cara mendekorasi ruangan dengan gaya Skandinavia adalah memilih furnitur yang menyatukan bentuk dan fungsi. 

Hal pertama yang akan diperhatikan dalam desain Skandinavia adalah garis-garis, tepi, dan bentuk-bentuk aneh yang dibentuk furnitur.

Hal ini karena estetika dekorasi Skandinavia adalah minimalis, sementara warna dan bentuknya menarik perhatian. Perhatikan mencocokkan ujung-ujungnya di seluruh ruangan.

Misalnya, sofa dengan ujung tajam akan menyatu lebih baik dengan meja dan dudukan TV, yang juga menunjukkan tepi bersih.

Inovasi dan fungsionalitas memainkan peran mereka dalam gaya Skandinavia lebih dari tema lainnya karena desain dan tujuan furnitur mereka terinspirasi dengan memaksimalkan penggunaan ruang serta menciptakan tata letak yang ergonomis. 

Baca juga: 10 Ide Desain Rumah Gaya Japandi, Perpaduan Skandinavia dan Jepang

Furnitur serbaguna

Ilustrasi ruangan dengan gaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruangan dengan gaya Skandinavia.
Saat memilih furnitur dan aksesori untuk gaya Skandinavia, selalu pikirkan perabotan multifungsi. Di satu sisi, tujuannya adalah mencapai desain seimbang yang tidak terasa sempit. Di sisi lain, setiap furnitut harus memiliki tujuan di luar estetika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com