Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2023, 20:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau tajam sangat memudahkan dalam memotong daging. Namun, setelah Anda menggunakan pisau untuk memotong daging mentah, sangat penting untuk membersihkan pisau dengan baik agar tetap tajam dan dapur Anda aman.

Dikutip dari Home Cook World, Selasa (27/6/2023), menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, daging mentah mengandung bakteri yang bisa membuat Anda sakit, seperti E. coli, Salmonella, Yersinia, dan lain-lain.

Jika Anda tidak mencuci pisau setelah memotong daging mentah, bakteri ini dapat berpindah ke makanan dan permukaan lain di dapur dan menyebabkan keracunan makanan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Talenan, Pisau, dan Tangan

Ilustrasi memotong daging dengan pisau. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi memotong daging dengan pisau.

Dalam hal keamanan pangan, taruhannya tinggi. Ketika Anda melihat angka yang terkait dengan keracunan makanan, Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat mengambil risiko.

Dengan menjaga kebersihan pisau setelah memotong daging mentah, Anda dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko penyakit.

Selain bahaya kesehatan, ternyata membiarkan pisau kotor juga bisa membuat mata pisau menjadi tumpul. Pisau yang kotor dapat berkarat seiring waktu jika tidak dibersihkan dengan benar.

Ini dapat menyebabkan karat dan jenis kerusakan lainnya, yang membuat pisau kurang efektif dan berpotensi berbahaya untuk digunakan.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karat pada Gunting dan Pisau

Cara mencuci pisau setelah memotong daging mentah

Bersihkan pisau Anda segera setelah selesai menggunakannya, juga setelah digunakan, dengan air sabun panas. Jangan biarkan sisa makanan mengering pada pisau, karena itu akan lebih sulit untuk dihilangkan dan dapat menumpulkan bilahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com