Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Mendekorasi Dinding Dapur yang Kosong Tampak Menarik

Kompas.com - 17/06/2023, 11:16 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Memajang piring, foto keluarga, gambar, atau lukisan merupakan beberapa cara yang kerap dipilih untuk menghiasi dinding dapur yang kosong dan menambah daya tarik.

Anda juga bisa menempatkan jam dinding besar atau memajang koleksi talenan di dinding dapur. Cara ini dapat membuat dapur lebih hidup tanpa harus menghabiskan banyak biaya. 

Dilansir dari Ideal Home, Sabtu (17/6/2023), berikut sejumlah ide mendekorasi dinding dapur yang kosong.

Baca juga: Apakah Warna Kitchen Set Harus Sama dengan Dinding Dapur?

Hadirkan suasana luar ruangan dengan tumbuhan

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
Wallpaper bermotif berani akan membuat sebuah pernyataan kuat sekaligus menambahkan kesan mendalam di dapur kecil,

Menurut Kerry McKenzie. Direktur Wallpaper Retailer Brand McKenzie, Anda tidak perlu menggunakan wallpaper yang dirancang khusus untuk menahan kelembapan di dapur.

"Wallpaper biasa dapat digunakan, hindari menggunakannya di belakang kompr, kecuali jika Anda berniat memasang lapisan kaca plexiglass di atas wallpaper untuk melindunginya dari cipratan makanan," katanya. 

Ia menyarankan bersiap mendekorasi ulang setiap lima sampai enam tahun. "Berapa lama kertas akan bertahan, tergantung pada apakah kertas tersebut memiliki lapisan pernis dan seberapa baik ventilasi dapur," imbuhnya.

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Dinding Dapur untuk Suasana Baru yang Lebih Estetik

Pajang talenan

Jika memiliki koleksi talenan kayu, Anda dapat memajangnya di dinding dapur untuk menciptakan dekorasi dinding yang menonjol sekaligus mengosongkan ruang lemari atau permukaan dapur.

Bermainlah dengan orientasi talenan. Anda dapat menggantung terbalik beberapa papan untuk menciptakan tampilan bergaya dan unik.

Baca juga: Cara Memasang Dekorasi Dinding Tanpa Paku dan Sekrup

Rak terbuka

Jika memiliki banyak barang pecah belah, pajanglah dengan rak terbuka di dinding dapur. Selain memudahkan menjangkaunya, hal ini juga akan menciptakan tampilan mengesankan di dinding.

"Rak terbuka, baik dari kayu reklamasi maupun kaca minimalis yang apik, benar-benar dapat menghidupkan dinding," kata Looeeze Grossman, pendiri toko furnitur dapur, The Used Kitchen Company.

Tambahkan lebih banyak warna dan sentuhan personal pada dinding dapur. Pertimbangkan mengecat rak dengan warna-warna cerah agar sesuai dengan lantai, bahkan menempelkan wallpaper di bagian belakang rak.

Baca juga: 5 Langkah Menata Rak Terbuka di Dapur agar Tampak Cantik

Jam dinding besar

Ilustrasi dapur.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur.
Menambahkan jam dinding berukuran besar pada dinding dapau akan membuat Anda dapat memantau waktu sekaligus menambahkan dekorasi pada dinding dapur.

Solusi ini fungsional, tapi juga menarik untuk memastikan waktu Anda tidak berlalu begitu saja.

Tambahkan kesan personal dengan foto

Menambahkan sentuhan personal, seperti foto keluarga, merupakan cara tepat membuat ruangan terasa nyaman dengan menggunakan ide dinding dapur.

Orang-orang dan tempat-tempat yang menyimpan kenangan indah tentang masa-masa menyenangkan dan perjalanan menawarkan pembuka percakapan yang menarik.

Baca juga: Jangan Gunakan Warna Ini untuk Dinding Dapur Menurut Psikolog

Tambahkan warna aksen dengan karya seni

Sebuah karya seni yang menonjol dapat membantu menambahkan warna-warna aksen yang berani pada dinding dapur.

Jika skema warna dapur adalah warna abu-abu tua atau biru tua, Anda dapat mencoba menambahkan palet warna dengan sentuhan warna-warna cerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com