Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memasang Dekorasi Dinding Tanpa Paku dan Sekrup

Kompas.com - 11/05/2022, 15:04 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Terkadang memasang pajangan agar dekorasi rumah terlihat cantik bisa membuat dilema. Pasalnya bila memasang menggunakan paku atau sekrup akan membuat tembok bolong dan rusak.

Namun, sekarang ini kamu tak perlu khawatir jika tembok rusak saat ingin memasang dekorasi di rumah. Sebab, sudah ada banyak produk yang bisa digunakan untuk memasang pajangan seperti perekat adhesive hook.

Agar kamu lebih tahu lagi, mari mengenal tentang perekat adhesive hook dan cara memasangnya yang telah dilansir dari channel YouTube Alloi & Ole di Norwegia, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Bikin Sumpek, Hindari 5 Kesalahan Dekorasi di Kamar Tidur Kecil

Mengenal perekat adhesive hook

Perekat adhesive hook adalah salah satu produk yang bisa digunakan untuk menempelkan pajangan tanpa harus membuat lubang di dinding.

Produk yang satu ini hampir mirip dengan perekat strip, hanya saja perekat hook memiliki gantungan di atas perekatnya yang mana berfungsi untuk menggantungkan pajangan seperti pigura.

Baca juga: 3 Ide Dekorasi Kreatif untuk Memberikan Tampilan Baru pada Rumah

Cara memasang dekorasi tanpa paku dan bor mengunakan perekat hook

Ilustrasi piring, ilustrasi dekorasi dinding.SHUTTERSTOCK / Roman023_photography Ilustrasi piring, ilustrasi dekorasi dinding.

  1. Pertama cari tempat di area dinding yang ingin kamu pasang foto atau pajangan. Kemudian ukur dan pastikan posisinya benar-benar sesuai dengan keinginanmu.
  2. Garis atau beri titik dengan menggunakan pensil agar mejadi penanda. Selanjutnya tempelkan perekat gantungannya di posisi yang sudah kamu tandai.
  3. Lalu buka plastik penutup perekatnya dan tempelkan bagian hook-nya.
  4. Tekan selama 15 detik agar bagian hook menempel dengan sempurna dengan perekat.
  5. Setelahnya tinggal taruh pigura atau pajangan ke bagian hook.

Baca juga: 6 Ide Penggunaan Kursi Ottoman untuk Mempercantik Dekorasi Rumah

Kelebihan dan kekurangan perekat adhesive hook

Menggunakan perekat adhesive hook kelebihannya adalah praktis dan tak akan membuat tembok rusak. Sebab, kamu hanya perlu menempelkan hook yang berperekat ke dinding, tanpa perlu paku atau sekrup.

Namun, kekurangannya kamu tak bisa memasang pajangan dengan ukuran dan berat yang besar. Hal ini karena perekat hook adhesive hanya mampu menahan beban seberat 2 kg.

Sebaiknya sebelum memasang adhesive hook, kamu pertimbangan berat pigura atau pajangan. Selain itu, setelah ditempel ke dinding jangan lepas atau pindahkan perekat.

Sebab, perekatnya tak akan menempel lagi dengan baik. Kamu harus benar-benar memastikan sebelum menempelkan perekat, area dindingnya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com