Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Kucing Berkepribadian Ramah dan Tenang untuk Anak-anak

Kompas.com - 16/06/2023, 20:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan akan memperoleh anyak manfaat. 

Misalnya, anak cenderung lebih peduli dan berempati terhadap orang dan hewan, lebih ramah, serta memiliki kemampuan komunikasi dan sosial yang lebih baik. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Kucing Senior agar Panjang Umur

Namun, memilih hewan peliharaan, seperti kucing, untuk anak-anak tidak boleh sembarangan. Pasalnya, ada beberapa ras kucing yang memiliki kepribadian yang tidak cocok berinteraksi baik dengan anak-anak.

Maka itu, perlu memilih ras kucing berkepribadian ramah dan tenang untuk anak-anak sehingga bisa berinteraksi baik, terutama anak-anak yang pendiam dan cenderung tidak membutuhkan teman bermain yang aktif.

Ingatlah, membawa kucing peliharaan ke dalam rumah adalah sebuah keputusan besar. Jangan pernah memilih kucing hanya berdasarkan penampilannya saja. 

Dikutip dari Pet MD, Jumat (16/6/2023), berikut sejumlah ras kucing berkepribadian ramah dan tenang untuk anak-anak. 

Baca juga: 5 Ras Kucing yang Tidak Membuat Alergi, Gak Bikin Bersin dan Gatal

Birman

Ilustrasi kucing Birman, ras kucing ramah anak.Shutterstock/Borkin Vadim Ilustrasi kucing Birman, ras kucing ramah anak.
Ras kucing ini sangat suka mencintai, baik memberi maupun menerimanya. Birman adalah ras kucing cerdas dan sangat mudah menerima pelatihan.

Kucing Birman juga memiliki kelebihan, yakni tidak akan lari dan bersembunyi ketika ada yang berkunjung untuk bermain.

Bahkan, kucing Birman mungkin ingin menyapa semua tamu secara pribadi. Namun, Birkan bukan ras kucing untuk anak-anak yang aktif dan ingin bermain dengan hewan peliharaan mereka.

Sebaliknya, Birman sangat direkomendasikan untuk membantu anak-anak melatih kemampuan membaca mereka dengan membacakan buku dengan suara keras kepada kucing. 

Baca juga: 9 Ras Kucing yang Kalem, Himalaya hingga Maine Coon

Ragdoll

Selanjutnya, ras kucing berkepribadian ramah dan tenang untuk anak-anak adalah Ragdoll. Bekepirbadian tenang dan bersuara lembut, kucing Ragdoll menikmati perhatian, tetapi tidak akan menuntutnya.

Yang diperlukan hanyalah sedikit "memancing tikus" sebelum makan malam atau berjalan-jalan bersama keluarga di sekitar lingkungan. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Berkepribadian Tenang dan Bersahabat

Himalaya

Karakteristik dan cara merawat kucing Himalaya.iStockphoto/MELODY_M Karakteristik dan cara merawat kucing Himalaya.
Lebih aktif daripada Persia dan lebih tenang daripada Siam, Himalaya termasuk ras kucing yang cocok bermain laser tag atau "memancing tikus" pada malam hari dengan banyak penekanan pada waktu tenang dan santai.

Himalaya adalah ras kucing berkepribadian ramah dan tenang untuk anak-anak. Himalaya sangat cocok dengan kehidupan di dalam ruangan serta senang menerima kasih sayang secara bergantian.

Bersiaplah memiliki kucing yang akan menjalin ikatan serta menyayangi anak-anak seumur hidup. 

Baca juga: 9 Ras Kucing Berwarna Abu-abu yang Lucu dan Menggemaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com