Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran

Kompas.com - 26/03/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing telah mencuri hati banyak orang di mana-mana karena sifatnya yang mandiri, penuh kasih sayang, lucu, dan menggemaskan.

Banyak sahabat kucing yang sempurna dapat ditemukan di tempat penampungan dan penyelamatan lokal, yang bisa Anda adopsi dengan biaya murah, bahkan gratis. 

Baca juga: Cara Membersihkan Urine Kucing dari Karpet

Namun, bagi sebagian orang, ada satu ras kucing yang harus mereka miliki dengan kepribadian dan penampilan tertentu, bahkan harga fantastis. 

Kucing yang mahal adalah investasi layak untuk mendapatkan silsilah yang istimewa. Ada banyak biaya tahunan yang harus dibayar para peternak untuk tetap bertahan dalam bisnis ini selain biaya mendaftarkan anak kucing ras murni yang baru.

Pengembangbiakan kucing dilakukan untuk memajukan ras tertentu, menghasilkan keturunan dengan kualitas terbaik, dan memperluas garis keturunan ras tersebut. Hal inilah yang membuat beberapa ras kucing memiliki harga mahal, bahkan hingga miliaran.  

Harga yang mahal ini juga terkait dengan memastikan keturunan yang tepat, konfirmasi pemeriksaan kesehatan, kompensasi untuk proses pembiakan, serta warna bulu tertentu.

Nah, dilansir dari AZ Animals, Minggu (26/2/2023), berikut daftar ras kucing termahal di dunia yang bisa Anda miliki. 

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Kucing Paling Mematikan di Dunia 

Ashera: Rp333 juta - Rp1,8 miliar 

Ilustrasi kucing Ashera.Shutterstock/Mirencats Ilustrasi kucing Ashera.
Sejauh ini, ras kucing termahal di dunia masih dipegang Ashera. Kucing yang sangat cantik ini memiliki harga rata-rata US$75.000 atau sekitar Rp1 miliar.

Sebuah perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat, melakukan sebagian besar pengembangbiakan kucing Ashera, yang jumlahnya hanya sekitar 100 ekor per tahun.

Kucing Ashera berukuran besar, ramah, dan memiliki kepribadian seperti anjing. Kucing ini sebenarnya merupakan gabungan dari macan tutul Afrika, serval Afrika, dan kucing domestik. 

Baca juga: Kenali, 6 Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya 

Kucing Savannah: Rp151 juta - Rp379 juta 

Savannah adalah ras kucing persilangan antara serval liar yang tinggi, ramping, dan bertelinga besar dengan kucing domestik.

Ksaran harga kucing Savannah yang mahal sebagian karena berapa generasi yang telah disilangkan dengan kucing domestik. Karena itu, seekor kucing Savannah kode F1 adalah setengah serval.

F1 juga merupakan yang paling sulit diproduksi karena perbedaan masa kehamilan antara serval dan kucing domestik.

Bengal: Rp45 juta - Rp379 juta 

Ilustrasi kucing Bengal.SHUTTERSTOCK / Alexander_Evgenyevich Ilustrasi kucing Bengal.
Selanjutnya, ras kucing termahal di dunia adalah Bengal. Ini merupakan ras kucing hibrida, hasil persilangan antara kucing Egyptian mau dan kucing macan tutul Asia.

Berbeda dengan kebanyakan ras kucing lainnya, kucing Bengal merupakan kucing yang menyukai air dan tidak takut pada anjing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com