Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Ras Kucing yang Kalem, Himalaya hingga Maine Coon

Kompas.com - 25/05/2023, 17:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, panjang bulu, dan warna, dan mereka juga memiliki tingkat energi yang berbeda. Beberapa ras kucing memiliki energi yang tak ada habisnya, yang lain dikenal lembut dan kalem.

Dikutip dari The Spruce Pets, Kamis (25/5/2023), ras kucing yang paling kalem bervariasi dalam penampilan dan ukuran. Beberapa ras kucing yang kalem berukuran besar, sementara yang lain berukuran sedang. Kucing yang kalem mungkin berbulu panjang atau pendek, dengan tubuh kekar atau tipe tubuh sedang.

Temperamen akan bervariasi di antara masing-masing kucing, tetapi beberapa ras secara konsisten kurang aktif dibandingkan yang lain.

Baca juga: 7 Kucing Berbulu Putih yang Lucu dan Menggemaskan

Ilustrasi kucing Birman, ras kucing ramah anak.Shutterstock/Borkin Vadim Ilustrasi kucing Birman, ras kucing ramah anak.

Kucing yang kalem pun membutuhkan waktu bermain atau olahraga setiap hari, seperti mengejar mainan, memanjat, mencakar, dan menjelajah.

Beberapa kucing yang sangat tenang bahkan mungkin membutuhkan dorongan dan ide kreatif untuk mendorong mereka melakukan aktivitas dan olahraga yang cukup, yang sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental yang baik.

Jadwalkan setidaknya dua sesi bermain 15 menit setiap hari, dan lebih banyak selalu lebih baik.

Meskipun seekor kucing dapat dianggap sebagai ras kucing yang kalem, setiap kucing berbeda. Beberapa mungkin memiliki energi lebih tinggi daripada yang lain dan karena itu membutuhkan lebih banyak waktu bermain dan olahraga.

Baca juga: 7 Ras Kucing yang Bulunya Tidak Mudah Rontok

Berikut beberapa ras kucing yang kalem, cocok untuk Anda yang menginginkan kucing peliharaan yang tidak membutuhkan banyak energi untuk bermain bersamanya.

1. Birman

Berukuran sedang dengan tubuh yang kokoh, kucing Birman memiliki bulu yang panjang dan halus. Birman selalu memiliki empat cakar putih, mata biru, dan tubuh berwarna terang memiliki "titik" warna yang lebih gelap di wajah, telinga, kaki, dan ekor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com