Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2023, 16:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita sering mengalami situasi di mana listrik padam dan ada banyak bahan makanan disimpan di freezer. Namun, apakah makanan di freezer aman dikonsumsi setelah mati listrik?

Dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (25/5/2023), aman atau tidaknya makanan beku untuk dimakan setelah listrik padam atau saat freezer berhenti berfungsi bergantung pada berapa lama makanan tersebut dicairkan dan apakah makanan tersebut telah mencapai tingkat suhu ruangan.

Makanan hanya dapat disimpan dengan aman pada suhu lebih hangat dari 4,4 derajat celcius selama beberapa jam. Bila lebih lama dari itu, maka makanan harus dibuang.

Baca juga: Cara Menyimpan Es Krim di Freezer agar Rasanya Tak Berubah

Ilustrasi daging beku di freezer. SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAEL Ilustrasi daging beku di freezer.

Ketika listrik padam, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menanyakan ke pihak PLN tentang berapa lama mereka mengharapkan listrik padam. Jika listrik padam hanya hingga beberapa jam, maka Anda tak membuang makanan di freezer.

Cukup hindari membuka pintu freezer atau lakukan dengan cepat untuk mengambil apa yang Anda butuhkan. Saat listrik kembali menyala, periksa freezer untuk memastikannya menyala tanpa masalah.

Sebagian besar freezer akan kembali beroperasi tanpa masalah setelah listrik kembali menyala.

Apa yang harus dilakukan pada makanan di freezer selama listrik mati?

Untuk pemadaman listrik yang berkepanjangan atau ketika freezer dicabut selama Anda liburan, makanan di dalam freezer biasanya akan tetap beku selama lebih dari satu hari.

Baca juga: Cara Menyimpan Tahu di Freezer dengan Benar

Berapa lama bergantung pada beberapa faktor, seperti suhu rumah, apakah makanan lunak atau beku, dan seberapa penuh freezer. Bukan hal yang aneh jika makanan freezer tetap beku hingga dua hari di chest freezer yang penuh.

Freezer yang sebagian besar kosong tidak akan memberikan banyak perlindungan untuk menjaga agar makanan tetap beku. Kualitas isolasi di dinding freezer juga akan mempengaruhi berapa lama makanan akan tetap beku saat freezer dicabut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com