Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Memberikan Makanan Kering yang Dibekukan untuk Kucing?

Kompas.com - 10/05/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber PetMD

,m,JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, terdapat lonjakan jumlah pemilik hewan peliharaan yang mempertimbangkan memberikan makanan kering yang dibekukan atau makanan kering beru untuk kucing dan anjing mereka.

Makanan kucing yang dibekukan menyumbang jauh lebih sedikit dari total makanan kucing yang dijual jika dibanding makanan kibble (makanan kering) dan makanan kaleng, tetapi ini adalah kategori yang terus berkembang. 

Baca juga: Cegah Diare, Begini Cara Aman Mengganti Makanan Kucing ke Merek Lain

Karena terdapat banyak risiko kesehatan terkait kekurangan nutrisi makanan pada kucing yang sebagian besar tidak dapat diobati, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli nutrisi hewan bersertifikat sebelum memilih makanan kucing peliharaan.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli makanan kucing, termasuk usia, masalah medis, atau obat-obatan yang mungkin sedang dikonsumsi kucing. 

Apa itu makanan kucing kering beku?

Ilustrasi tips memberi makan kucingShutterstock/AlexanderDubrovsky Ilustrasi tips memberi makan kucing
Disadur dari Pet MD, Rabu (10/5/2023), pengeringan beku adalah teknik makanan dibekukan dan dimasukkan ke ruang hampa udara sehingga kandungan airnya akan menyublim (berubah dari es menjadi uap).

Produk makanan kemudian disegel dalam kemasan kedap udara. Hal ini menghilangkan semua kelembapan dari makanan sehingga membuatnya lebih stabil di rak pada suhu kamar untuk jangka waktu lebih lama daripada makanan non-kering-beku.

Makanan kucing kering beku adalah produk makanan mentah, yang berarti belum dimasak atau dipasteurisasi dengan panas.

Makanan ini dapat dijual sendiri sebagai makanan atau camilan atau digunakan untuk campuran makanan basah. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengganti Makanan Kucing

Perbedaan makanan kucing kering beku dan makanan kucing mentah 

Ada beberapa perbedaan utama antara makanan kucing mentah yang belum diolah dan makanan kucing kering beku:

Kelembapan dihilangkan dari makanan mentah (proses pengeringan beku) untuk menciptakan makanan kering beku yang stabil di rak.

Makanan kucing kering beku dijual secara komersial, sedangkan makanan mentah yang belum diolah biasanya dibuat sendiri oleh pemilik hewan peliharaan atau dijual di toko hewan peliharaan atau toko daging setempat.

Ini berarti makanan tersebut tidak mengalami perubahan untuk mengurangi kandungan bakteri atau parasit yang dapat menjadi masalah terkait pemberian makanan mentah.

Makanan mentah yang tidak diolah juga mungkin tidak diatur atau tidak memiliki nutrisi  seimbang, kecuali jika pemiliknya secara khusus bekerja sama dengan ahli gizi hewan bersertifikat untuk memastikan makanan kucing peliharaan mereka memiliki nutrisi lengkap. 

Baca juga: 5 Nutrisi Penting yang Harus Tersedia Dalam Makanan Kucing

Apakah makanan kucing yang dikeringkan dengan cara Dibekukan sama dengan makanan kucing yang dikeringkan?

ilustrasi cara membuat kucing peliharaan nyaman di rumah.SHUTTERSTOCK/MIK ULYANNIKOV ilustrasi cara membuat kucing peliharaan nyaman di rumah.
Pengeringan beku dan dehidrasi adalah dua teknik berbeda yang digunakan untuk mencapai tujuan sama, yaitu menghilangkan kelembapan untuk mencapai masa simpan stabil.

Sementara pengeringan beku menggunakan suhu dingin untuk menghilangkan kelembapan, dehidrasi membutuhkan panas yang rendah.

Halaman:
Sumber PetMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com