Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2023, 18:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidung anjing memiliki banyak fungsi dan merupakan organ sensorik yang vital bagi anjing. Hidung memberikan informasi yang banyak tentang lingkungan dan aroma kepada anjing.

Kebanyakan anjing memiliki hidung yang dingin dan basah, tetapi mengapa demikian? Dikutip dari Pet Keen, Rabu (7/6/2023), menurut dokter hewan Greg Steele, kebanyakan anjing memiliki hidung basah karena keringat, lendir, dan menjilati.

Berikut penjelasan mengenai kenapa hidung anjing basah yang perlu diketahui Anda yang memelihara anjing.

Baca juga: 10 Ras Anjing Besar yang Cocok untuk Keluarga, Setia dan Penyayang

Ilustrasi hidung anjing. PIXABAY/NANCY STICKE Ilustrasi hidung anjing.

Kondisi hidung anjing yang normal

Kebanyakan hidung anjing basah dan dingin, hampir sepanjang waktu. Namun, seperti anjing pada umumnya, kondisi hidung anjing sangat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya, dan dari waktu ke waktu.

Pepatah lama menasihati kita bahwa hidung anjing basah itu sehat, dan hidung kering berarti anjing itu buruk. Ini tidak benar dan yang perlu Anda ketahui hanyalah apa yang normal untuk anjing.

Beberapa anjing secara alami memiliki hidung yang basah, sementara beberapa lainnya secara alami memiliki hidung yang lebih kering.

Banyak anjing, terutama seiring bertambahnya usia, menjadi kering dan terkadang hidungnya sedikit kasar atau berkerak setelah mengendus keras seumur hidup.

Baca juga: Jenis Lantai Rumah Terbaik dan Terburuk jika Ada Anjing Peliharaan

Biasanya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, meskipun jika Anda khawatir akan kemerahan atau nyeri, sebaiknya hubungi dokter hewan.

Rasa hidung yang spesifik akan bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti olahraga, waktu, suhu, hidrasi, dan kelembapan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com