Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing yang Ramah, Senang Berinteraksi dengan Manusia

Kompas.com - 30/04/2023, 16:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya, anjing adalah hewan yang ramah. Namun demikian, ada beberapa ras anjing yang dikenal lebih ramah dibandingkan ras lainnya, misalnya pug, Labrador retriever, Boston terrier, dan pudel.

Dilansir The Spruce Pets, Minggu (30/4/2023), anjing yang senang bersosialisasi biasanya adalah anjing yang ramah, apa pun rasnya.

Anjing yang ramah dapat beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru. Mereka mudah dilatih dan tidak terlalu bersemangat sepanjang waktu.

Baca juga: Alasan Anjing Sering Terengah-engah dan Menjulurkan Lidah

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Shutterstock/Rosa Jay Ilustrasi anjing Labrador Retriever.

Ketika seekor anjing terlalu bersemangat, mereka tidak lagi penuh perhatian dan menjadi menantang untuk memerintah. Anjing yang aktif dan suka bermain itu bagus, tetapi anjing perlu memahami batasan dan bermain tanpa menjadi terlalu kasar.

Berikut beberapa ras anjing yang ramah dan senang berinteraksi dengan manusia.

1. Labrador retriever

Labrador retriever adalah ras anjing paling populer di AS selama lebih dari tiga dekade, menurut American Kennel Club. Salah satunya karena sifat mereka yang ramah.

Anjing dibiakkan untuk menjadi sahabat manusia. Anjing ini pertama kali dibiakkan untuk nelayan, lalu menjadi anjing pemburu. Mereka suka berada di sekitar manusia, dan mereka mempertahankan sifat manis dan riang.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Anjing Memerah, Harus Bagaimana?

Akan tetapi, mereka adalah anjing berenergi tinggi yang membutuhkan olahraga berat setiap hari. Buat mereka tetap tersenyum dengan mengajaknya berlari setiap hari atau main permainan lempar tangkap yang penuh semangat.

2. Golden retriever

Ras anjing lain yang populer selama beberapa dekade adalah Golden Retriever. Anjing ini umumnya memancarkan keramahan saat mereka berinteraksi dengan manusia dan hewan lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com